Dampak Buruk Apabila Kita Membakar Jerami Di Sawah

Dampak Buruk Apabila Kita Membakar Jerami Di Sawah

0
Bagikan

KABARTANI.COM – Kerugian Apabila Kita Membakar Jerami Di Sawah. Sobat hendaknya kita lebih bijaksana dalam hal pengelolaan jerami, karena tanpa pengelolaan yang tepat jerami justru bisa merusak lahan pertanian kita sendiri.

Alangkah baiknya apabila kita mengelola jerami dengan cara dibuat kompos, jangan sekali-kali kita membakar jerami di lahan pertanian kita, berikut ini 7 kerugian apabila kita membakar jerami:

  • Jerami banyak mengandung Unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman, Dengan membakar jerami padi kita berarti telah membakar unsur hara yang terkandung dalam jerami tersebut. Sayang sekali unsur hara yang seharusnya bisa menambahkan kesuburan tanah kita hanya kita buang sia-sia.
  • Selain itu Batang dan daun padi yang bisa menyuburkan tanah secara fisika (jika membusuk akan menjadi humus, bahan organik atau C-organik) hanya akan terbakar menjadi karbon atau arang.
  • Dengan membakar jerami berarti kita membunuh mikroorganisme yang berada di permukaan tanah. Lebih baik kita membenamkan jerami kareana Jerami padi yang jika kita tanamkan ketanah akan menjadi makanan mikroorganisme tanah.
  • Secara perlahan namun pasti pembakaran jerami akan dapat menyebabkan dan menurunkan produktifitas tanah kita sehingga panen kita semakin hari akan semakin menurun.
  • Sebenarnya pembakaran jerami padi adalah pemborosan bagi kita kaum petani. Karena jika kita mau mengembalikan jerami padi kesawah tentunya pemupukan akan bisa kita kurangi, namun jika kita bakar kita akan memerlukan biaya pupuk lebih banyak.
  • Asap yang dihasilkan dari pembakaran jerami akan mengakibatkan polusi/ pencemaran udara dan sekaligus juga akan merusak ozon pelindung bumi.
  • Pengembalian jerami padi kesawah akan mengembalikan unsur hara Kalium ke tanah.  Unsur kalium ini berfungsi sebagai penguat dan pengeras bagian tanaman yang akan membantu ketahanan tanaman dari serangan hama dan penyakit. Jika kita bakar terus-menerus tanpa penambahan unsur hara K ketanah akan menyebabkan tanaman padi kita rentan terserang hama dan penyakit,

Loading...

TIDAK ADA KOMENTAR

BERI BALASAN