Dampak Positif Penggunaan Pupuk Kompos Dari Sampah Organik

Dampak Positif Penggunaan Pupuk Kompos Dari Sampah Organik

0
SHARE

KABARTANI.COM-Pengaruh besar pupuk kompos dibanding dengan pupuk kimia, pupuk kompos yang dicampur dengan tanah secara langsung akan membuat tanah menjadi subur dan tidak merusak artikel-artikel unsur hara yang terdapat didalam tanah.

Bagi para petani pasti banyak beranggapan bahwa pemakaian pupuk kompos terlalu ribet, dikarenakan harus didahului dengan pembuatan kompos terlebih dahulu,kebanyakan dari petani sering menggunakan pupuk instan yang menggunakan pupuk kimia, secara tidak langsung dalam jangka waktu tertentu penggunaan pupuk kimia dapat merugikan petani itu sendiri.

kerugian akibat dari penggunaan pupuk kimia adalah disamping harga pupuknya yang terbilang mahal,penggunaan pupuk kimia juga berdampak kerusakan lingkungan, selain itu penggunaan pupuk kimia secara terus menerus juga dapat membuat kerusakan sruktur tanah yang dapat mengakibatkan tanah menjadi tidak subur.

Untuk mencegah hal tersebut para petani disarankan untuk menggunakan pupuk kompos baik dari sisa tanaman maupun dari sisa hewan, walaupun cara ini tidak instan tetapi bertujuan untuk tetap menjaga kesuburan tanah. mengenai pembuatan pupuk kompos dari sisa tanaman langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • kumpulkan dedaunan yang telah gugur dari pohonnya, tak hanya daun saja sampah-sampah yang sifatnya dapat terurai pun juga bisa digunakan, setelah terkumpul campur semua menjadi satu, jangan sampai ada sampah non organik seperti plastik tercampur, karena sifat plastik yang sulit diuraikan.
  • Untuk penguraian sampah organik tersebut, buat lubang yang digunakan untuk menampung sampah-sampah organik yang telah dijadikan satu tersebut, kemudian masukan semua campuran sampah-sampah organik tersebut kedalam lubang yang telah disediakan, kemudian tutup rapat selama beberapa hari agar sampah-sampah organik tersebut dapat terurai.
  • Setelah beberapa hari sampah-sampah organik diuraikan didalam lubang penguraian maka bukalah lubang tersebut, jika
    sampah organik sudah terurai maka sampah sudah menjadi pupuk kompos yang siap digunakan untuk memupuk tanaman.

Dengan penggunaan pupuk kompos akan memberi dampak pisitif diantaranya :

  • Dapat meminimalisir polusi udara, yang apabila sampah-sampah tersebut tidak diolah menjadi kompos biasanya sampah-sampah tersebut dibakar yang biasanya dapat menyebabkan polusi udara.
  • Menjadi salah satu bentuk upaya pelestarian ekosistem lingkungan
  • Dapat menyuburkan tanaman dan tanah itu sendiri
  • Dapat menghemat biaya pemupukan
  • Selain itu dapat mengurangi sampah-sampah yang dapat merusak pemandangan.

Baca juga :

Pembuatan pupuk kandang dari kotoran sapi

metode pemberian pupuk pada tanaman

Demikianlah upaya pemanfaatan sampah-sampah organik sebagai pupuk kompos buatan, yang dapat memberi dampak positif yang bertujuan untuk menyuburkan tanaman dan tanah itu sendiri, semoga yang sedikit ini dapat menambah manfaat dan pengetahuan.