Dengan Ramuan Khusus, Pak Romadhon Mampu Ciptakan Jenis Tanaman Unggul

    Dengan Ramuan Khusus, Pak Romadhon Mampu Ciptakan Jenis Tanaman Unggul

    1
    SHARE

    KABARTANI.com – Romadhon (61 tahun), seorang petani yang berasal dari Merawang, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, berhasil membuat pohon pisang dapat memiliki dua hingga empat tandan sekaligus dalam satu pohon. Tak hanya itu saja, bahkan ia juga mampu membuat nanas berukuran jumbo yang mencapai berat 8 kg, serta tanaman merica yang mampu menghasilkan 5 kg biji merica kering hanya dalam satu pohon.

    Pasti sobat tani bertanya tanya ramuan apa yang digunakan pak Romadhon? petani yang hanya lulusan sekolah dasar ini, tak menjelaskan secara rinci bahan-bahan apa saja yang yang ia gunakan, namun yang pasti dalam ramuan rahasia tersebut terdiri dari 12 bahan.

    Seperti yang diberitakan di Liputan 6 Pagi SCTV, Sabtu (21/5/2016), bersama anak dan cucunya, Romadhon tengah sibuk membuat ramuan khusus yang terdiri dari 12 bahan seperti air kelapa muda, madu hutan, bawang merah dan lumut rawa. Ramuan tersebut kemudian disimpan selama beberapa hari hingga akhirnya disiram ke sejumlah tanaman yang menghasilkan buah atau biji yang maksimal.

    Kebun yang ia kelola dulunya merupakan bekas area pertambangan timah, tapi siapa sangka dengan ketekunan dan keuletan ia berhasil mengubah tanah bekas pertambangan menjadi subur. Secara perlahan, tanah Bangka yang tandus kini mulai kembali digarap menjadi lahan pertanian berkat jasa Romadhon.

    Berkah dari kebun yang ia miliki tidak hanya dinikmati sendiri saja, tetapi juga dibagikan ke petani lainnya diseluruh Pulau Bangka. Simak video lengkapnya di bawah ini.

    Baca juga

    Semoga infomasi ini bisa menginspirasi sobat tani sekalian untuk terus berkreasi dan giat dalam menggarap tanamannya. Terima kasih sudah berkunjung di Kabartani.com.