News Disepanjang tahun 2016, Lampung Mampu Menguasai Ekspor Pisang

Disepanjang tahun 2016, Lampung Mampu Menguasai Ekspor Pisang

0
Bagikan

KABARTANI.COM –¬†Disepanjang tahun 2016, Lampung Mampu Menguasai Ekspor Pisang,selama tiga tahun terakhir ini Ekspor buah segar kita mengalami peningkatan Ekspor, terutama Ekspor buah pisang segar yang telah diekspor ke 16 negara didunia, peringkat Ekspor pisang didunia pada tahun 2016 kita telah berada pada peringkat ke dua dengan total angka yang telah mencapai 17,4 juta ton.

Untuk tahun 2016 buah pisang segar menjadi komuditas ekspor yang jumlahnya mencapai 85%, dimana Lampung sebagai Pengekspornya.

Diantara 16 negara yang telah kita ekspor diantaranya negara-negara Korea selatan, China, Iran, Malaysia, Timur Tengah dan lain sebagainya.

Dua Eksportir besar buah pisang di Indonesia dilakukan oleh dua perusahaan yaitu dilakukan oleh PT. Great Giant Pinneapple Co.(GGPC) yang ada di kabupaten Lampung tengah, dan PT. Nusantara Tropical Farm(NTF) yang ada dilampung Timur.

Dalam meningkatkan kualitas produk pisang, Eksportir buah pisang di Lampung melakukan pembibitan secara mandiri dan dilakukan dengan ketat yaitu dengan membuat kebun pembibitan sendiri tanpa mencari bibit buah pisang dari Pembibitan luar.

Lewat langkah diatas maka diharapkan pada tahun 2020 Ekspor buah pisang dapat meningkat dua kali lipat.

Dalam hal Ekspor buah pisang segar ini, sebagai bentuk dukungan pemerintah yaitu dengan berupaya untuk mempercepat proses administrasi ekspor buah-buahan yang segar di tahun 2017, yaitu dengan merintis kerjasama bilateral dengan negara-negara yang menjadi tujuan Ekspor.

Loading...

BERI BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here