Teknologi Tani Dr Tania, Dokter untuk Tanamanmu yang Sedang Sakit

Dr Tania, Dokter untuk Tanamanmu yang Sedang Sakit

0
Bagikan

Kabartani.com – Umumnya, saat manusia atau hewan jatuh sakit, dokter menjadi salah satu orang yang berjasa dalam memberi solusi agar segera sembuh dan terbebas dari penyakit. Tapi, apa jadinya kalau tanaman yang sakit ya? Jarang sekali ada “dokter tanaman” yang dapat menyembuhkan penyakit “si pasien”, kalaupun ada lebih banyak yang berusaha untuk melakukan tindakan preventif dan mencegah penyakit tanaman itu terjadi.

Dr Tania dikembangkan untuk bisa mengenali jenis penyakit yang menyerang tanaman milik pengguna. Tania juga akan memberi penjelasan terkait penyakit tersebut dan solusi produk yang bisa dipakai untuk menanggulanginya.

Aplikasi yang menggunakan teknologi deep learning ini dapat membantu petani untuk mengetahui gejala dan penanganan suatu penyakit tanaman secara tepat dan efektif sehingga diharapkan menjadi langkah awal dalam mengurangi resiko serangan penyakit.

Awalnya, penemuan aplikasi Dr. Tania berasal dari sebuah ide kecil Tim Neurafarm dan hasil surveynya ke berbagai kalangan yaitu dosen, urban farmers, peneliti dan petani mengenai penyakit tanaman pada pertanian. Berdasarkan survey tersebut, Tim menemukan hasil yang menarik.

“Dari survey, kami menemukan bahwa 63% responden menyatakan pernah salah menangani penyakit tanaman karena keterbatasan pengetahuan, kemiripan antar gejala dan obat yang sulit ditemui. Setelah mengetahui keadaan nyata di masyarakat, kami pun memutuskan untuk menciptakan suatu produk yang dapat mengatasi masalah tersebut berupa Dr. Tania ini”, ujar Lintang dari RnD Neurafarm.

Aplikasi Dr. Tania dapat mendeteksi lebih dari 35 penyakit tanaman yang berasal dari 14 komoditas. Beberapa diantaranya ialah kentang, apel, kedelai, tomat, dan jagung. Dr. Tania juga memiliki keunggulan tersendiri yaitu berbentuk chatbot dimana pengguna dapat bertanya langsung pada Dr. Tania dalam bentuk percakapan. User hanya perlu memfoto bagian daun tanaman yang berpenyakit dan dikirimkan ke Dr. Tania. Kemudian Dr. Tania akan memberikan diagnosa tentang gejala dan jenis penyakit beserta solusi penanganan.

Sekarang aplikasi Dr Tania dapat didownload melalui Google Play atau pada link berikut bit.ly/DownloadTania

Dr Tania akan terus berkembang dan memberikan pelayanan terbaik untuk memudahkan petani mengatasi masalah penyakit pada tanamannya. Dr. Tania diharapkan menjadi solusi yang lebih baik di bidang penyakit tanaman di masa depan. Lintang juga mengharapkan agar petani, researchers, dan hobbyists di seluruh Indonesia dapat menggunakan aplikasi ini sebagai langkah preventif dan kuratif dalam menangani masalah di lahan sehingga dapat berpotensi meningkatkan hasil lahan.

Neurafarm sangat terbuka mengenai kritik dan saran untuk pengembangan Dr Tania, sampaikan pendapatmu ke neurafarm@gmail.com.

Simak juga :

Ditulis oleh:Asy-syifaa Halimatu Sa’diah

Loading...

BERI BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here