Faktor Pendukung Keberhasilan Dalam Menanam Padi

Faktor Pendukung Keberhasilan Dalam Menanam Padi

0
SHARE

KABARTANI.com – Faktor Pendukung Dalam Menanam Padi, jika kita akan menanam padi alangkah baiknya jika kita mengetahui panduannya dengan baik dan benar.

Tujuannya agar tanaman padi yang kita tanam nanti dapat tumbuh dengan subur secara maksimal sehingga hasilnya pun melimpah sesuai dengan yang kita harapkan, berikut faktor pendukung dalam menanam padi

Faktor Pengairan

Pengairan yang digunakan untuk menanam padi harus cukup dan sesuai maksudnya air tersebut dapat mencakupi dalam menggenangi tanah persawahan

Faktor Angin

Dalam hal ini angin sangat berperan dalam membantu proses penyerbukan bunga padi, maka dari itu lokasi sawah harus terbuka dan tidak terhalang sehingga angin dapat bertiup dengan bebas.

Faktor PH Tanah

PH tanah harus berkisar antara 4,0 – 7,0. PH tanah yang tinggi atau diatas 7,0 akan mengurangi hasil produksi.

Faktor Cahaya

Intensitas cahaya matahari harus penuh sepanjang hari tanpa ada naungan atau penghalang.

Faktor Iklim

Padi yang ditanam disawah biasanya bisa tumbuh pada beragam iklim terutama di daerah dengan cuaca panas, kelembaban tinggi dengan curah hujan 200 mm/bulan atau 1500-2000 mm/tahun

Faktor suhu

Tanaman padi akan tumbuh dengan baik pada suhu 23˚C.

Faktor Kondisi tanah, Tanaman padi akan tumbuh dengan baik jika ditanam pada tanah yang berlumpur dan subur dengan ketebalan 18 – 22 cm.

Faktor Lokasi atau tempat tanam, tanaman padi akan tumbuh dengan baik jika ditanam pada lokasi atau tempat yang memiliki ketinggian Optimal antara 0-1500 meter diatas permukaan laut.

Simak juga :

Faktor-faktor diatas sangat berpengaruh dalam menanam padi,tujuan agar tanaman padi yang kita tanam dapat tumbuh dengan baik, dan memberikan hasil yang melimpah sesuai dengan yang kita harapkan.