Peternakan Pakan Ternak Fermentasi Kulit Kopi untuk Pakan Tambahan Sapi Potong

Fermentasi Kulit Kopi untuk Pakan Tambahan Sapi Potong

0
Bagikan

Kabartani.com – Pada perkebunan Kopi Rakyat biasa banyak dijumpai gundukan kulit kopi terutama saat penggilingan, apabila dibiarkan akan menjadi sampah dan pemandangan yang kurang baik. Berdasarkan hasil-hasil kajian ternyata kulit kopi dapat diolah menjadi dan bermanfaat untuk pakan ternak.

Kulit kopi yang dihasilkan cukup besar kurang lebih 50 – 60% dari hasil panen, ini merupakan sebuah potensi yang sangat besar yang dapat diolah sebagai pakan ternak maupun pupuk organik.

Salah satu upaya pemanfaatan kulit kopi adalah dengan dijadikan sebagai bahan pakan ternak, baik untuk ternak ruminansia kecil maupun ruminansia besar dengan cara diberikan dalam bentuk segar ataupun diberikan dalam bentuk hasil fermentasi.

Kandungan kulit kopi segar sebanding dengan nutrisi rumput namun memiliki kelemahan kurang disukai ternak dan mudah rusak karena masih memiliki kandungan air yang tinggi. Berbeda jika melalui proses fermentasi terlebih dahulu memiliki keunggulan diantaranya, meningkatkan kandungan nutrisinya, dan lebih disukai ternak karena memiliki aroma yang lebih wangi.

Membuat Fermentasi Kulit Kopi

Peralatan : sekop, terpal, gembor, ember, plastik dan koran bekas.
Bahan-bahan (untuk pembuatan 1 ton) : Kulit kopi kering 600 kg (sudah dihaluskan), dedak padi 400 kg, gula merah/mollases 2,5 kg, Biodecomposer (Starbio)/urea 2,5 kg, garam dapur 5 kg dan air secukupnya.

Cara pembuatan :

  • Kulit kopi dihamparkan diatas terpal dan diratakan setinggi kurang lebih 20 cm, selanjutnya ditaburi dedak padi diatasnya.
  • Larutan biodecomposer (starbio/urea) dalam air bersih bersama gula merah/mollases serta garam dapur, dengan perbandingan air secukupnya : 2,5 kg starbio/urea; 2,5 kg gula; dan 5 kg garam dapur.
  • Siramkan larutan starbio yang telah dicampur gula merah dan garam dapur disiramkan pada tumpukan bahan kulit kopi yang telah ditaburi dedak menggunakan gembor. Selanjutnya aduk hingga rata dan mencapai kelembaban sekitar 60%.
  • Masukan campuran yang telah diaduk tersebut kedalam plastik setelah penuh ditutup koran pada bagian atas dan diikat kuat dengan menggunakan karet.
  • Simpan di tempat yang aman dan terlindung dari sinar matahari langsung selama 4-5 hari, setelah itu pakan hasil fermentasi siap diberikan kepada ternak. Namun, sebelum diberikan pada ternak, kulit kopi hasil fermentasi ini harus diangin-anginkan terlebih dahulu.

Simak juga :

Sumber : BPTP Bengkulu (2015)

Loading...

BERI BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here