Sarana & Prasarana Pupuk & Pestisida Hal yang perlu dihindari Ketika membuat Pupuk Kompos dari sampah organik

Hal yang perlu dihindari Ketika membuat Pupuk Kompos dari sampah organik

0
Bagikan

KABARTANI.COM – Hal yang perlu dihindari Ketika membuat Pupuk Kompos dari sampah organik, Pupuk kompos sangat dibutuhkan oleh tanaman karena pupuk ini dibuat dari bahan alami, tanpa adanya campuran bahan kimia, walaupun kebanyakan petani banyak menggunakan pupuk berbahan kimia yang dampak panjangnya dapat membahayakan lingkungan dan kesuburan tanah. Pupuk kompos termasuk pupuk yang dibuat sendiri walaupun proses pembuatannya agak ribet tetapi dampak panjangnya pupuk ini baik digunakan untuk tanaman, karena tidak merusak kesuburan tanah dan lingkungan. Berikut hal-hal yang harus dihindari ketika membuat pupuk kompos dari sampah organik.

Sebelumnya dalam membuat pupuk kompos dari Sampah Organik ada dua jenis bahan baku pupuk kompos yaitu Sampah coklat dan sampah hijau, mengenai proses pembuatan dan hasil yang efektif dalam pembuatan pupuk kompos yaitu menggunakan perbandingan antara sampah coklat dengan sampah hijau = 3:1, dan apabila kita menggunakan sampah coklat saja maka proses pembuatan pupuk kompos akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Ketika kita mengumpulkan sampah atau limbah rumah tangga maka bahan baku pembuatan pupuk kompos yang perlu hindari diantaranya sebagai berikut :

– Hindari adanya Tanaman gulma yang berhama atau terkena penyakit karena hama akan masih

  terkandung dalam kompos

– Hindari adanya kotoran kucing dan kotoran anjing dikarenakan kotoran-kotoran tersebut dapat membawa penyakit

– Hindari benda-benda seperti tulang ayam, susu, keju, lemak atau minyak, kulit udang, tulang ikan, dan daging karena benda-benda tersebut dapat menimbulkan adanya serangga seperti lalat hijau, yang akan menyebabkan timbulnya belatung ketika proses pengomposan

Semoga sedikit ulasan diatas dapat bermanfaat

Loading...

BERI BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here