Harga Cabai Mahal, Beredar Kabar Adanya Cabai Berformalin Di Pasar

    Harga Cabai Mahal, Beredar Kabar Adanya Cabai Berformalin Di Pasar

    0
    Bagikan

    KABARTANI.COM – Harga Cabai Mahal, Beredar Kabar Adanya Cabai Berformali Di Pasar. Melambungnya harga cabai akhir-akhir ini dimanfaatkan para pedagang yang nakal untuk memperoleh keuntungan yang lebih dengan cara pemberian formalin pada cabai agar tidak mudah busuk.

    Pemerintah menyatakan akan menindak tegas pedagang yang menjual cabai rawit berformalin. Pemerintah akan menggunakan jalur hukum untuk menindak pedagang nakal tersebut.

    “Tidak segan-segan menggunakan jalur hukum jika ada pedagang menggunakan formalin pada cabai rawit,” kata Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut Hanny Wajong seperti dikutip dari Antara, kemarin.

    Hanny Wajong menambahkan telah mendengar ada isu pedagang menggunaan formalin pada cabai sehingga bisa bertahan lama. Maka dari itu, pihaknya langsung melakukan inspeksi mendadak di lapangan.

    “Memang belum ditemukan adanya cabai rawit berformalin di Sulut. Pedagang agar berlaku jujur dalam melakukan transaksi perdagangan di Sulut,” katanya.

    Harga cabai rawit di sentra perdagangan Sulut masih cukup mahal hingga Rp 70.000 per kilogram (Kg), namun masih lebih rendah dari Pulau Jawa yang berada di atas angka Rp 100.000 per Kg.

    Pemerintah, akan tetap melakukan pemantauan dan pengawasan secara intensif sehingga tidak akan ada penyimpangan dan kecurangan dalam transaksi kebutuhan pokok. “Saya sudah melakukan pertemuan dan langsung datang ke lokasi penjualannya untuk memastikan semua kebutuhan pokok yang dijual laik untuk dikonsumsi,” jelasnya.

    Beliau mengimbau kepada masyarakat agar menjadi konsumen yang cerdas jangan memborong karena panik atau panic buying, karena pemerintah pasti siapkan stok jika harga tetap tinggi.

    Sumber Berita: merdeka.com

    Loading...

    TIDAK ADA KOMENTAR

    BERI BALASAN