Heboh Budidaya Tanaman Jarak, Memiliki Nilai Ekonomis Yang Sangat Tinggi

Heboh Budidaya Tanaman Jarak, Memiliki Nilai Ekonomis Yang Sangat Tinggi

0
SHARE

KABARTANI.COM-Cara Budidaya Tanaman Jarak,dahulu tanaman jarak di Indonesia hidup dengan liar, dan banyak yang mengira bahwa tanaman jarak hanya dianggap sebagai gulma.

Dan dengan adanya penelitian tentang tanaman jarak ini, dan ternyata tanaman tersebut memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi,yaitu sebagai bahan bio etanol, sehingga membuat tanaman jarak ini di Indonesia banyak dibudidaya.

Buah dan biji tanaman jarak banyak dimanfaatkan untuk membuat minyak pelumas, karena minyak jarak memiliki kekentalan yang tinggi, tidak menetes, tidak meninggalkan sisa bakar, dan tidak larut dalam bensin, minyak pelumas jarak juga cocok untuk pelumas mesin yang berputar cepat seperti mesin – mesin pesawat terbang dan lain sebagainya, selain itu buah dan biji jarak ini juga dapat digunakan untuk pewarna kain, dan masih banyak lagi keuntungan minyak jarak yang lainnya.

Tanaman jarak tumbuh subur didaerah beriklim tropis contohnya indonesia, untuk syarata tumbuh tanaman ini memerlukan air 350-500 ml air, dengan temperatur suhu 20-30 derajat celcius, tinggi tempat tumbuhnya 0-800 m dpl, dan apabila suhu mencapai 40 derajat celcius atau lebih makadapat mempengaruhi tumbuhnya biji yang bisa berkurang.

Hal yang harus disiapkan dalam budidaya tanaman jarak :

– Menyiapkan lahan

Gunakan lahan yang tanahnya kurang produktif atau kurang pengairan, terlebih dahulu bersihkan lahan dari gulma, terutama akar-akar ilalang penghasil senyawa penghambat tumbuh tanaman lain, buatlah lubang tanam dengan ukuran 30 cm X 30 cm X 30 cm dengan jarak lubang 2-4 meter.

– Siapkan Benih

Pilih benih tanaman jarak yang berkuwalitas baik, setelah benih didapat masukkan benihnya 2 -3 butir perlubang tanam, apabila benih sudah tumbuh dan berumur 1 minggu maka semprotlah dengan menggunakan POC NASA dengan dosis 2-3 tutup dalam 1 tangkinya, semprot sekali dipagi hari.

– Pemeliharaan

Tanaman Jarak tidak terlalu memerlukan perawatan yang khusus, perawatannya sangat mudah, karena tanaman ini tidak terlalu butuh banyak air, maka hindarilah adanya banyak air yang masuk, karena hal ini akan mempengaruhi pertumbuhannya, dan apabila musim kemarau berlangsung selama 3-4 bulan maka sesekali siramlah tanaman jarak ini dengan air agar tidak mati. penyiangan gulma tanaman pun juga harus sering dilakukan.

– Pemberian pupuk

Alangkah Baiknya gunakan pupuk kandang apabila membutuhkan pupuk organik gunakan dengan sesuai dosisnya. pupuk tambahan yang diberikan seperti :

Urea dosis 50 kg/ha waktu tanam, SP-36 dosis 75 kg/ha waktu tanam, KCI 50 kg/ha waktu 2 minggu sesudah tanam, Urea 100 kg/ha waktu 1 bulan sesudah tanam, boleh ditambah pupuk tambahan seperti SUPERNASA dan POWER NUTRITION dengan dosis 1 botol untuk kurang lebih 200 tanaman.

– Pencegahan Hama Dan Penyakit

Tanaman jarak sebenarnya jarang terkena hama dan penyakit jadi yang terpenting tetap jaga kebersihan lingkungan tanaman. apabila lingkungan kurang bersih biasanya tanaman jarak akan mudah diserang hama kutu putih untuk mengendalikan kutu putih ini cukup disemprot dengan menggunakan PESTONA dan PENTANA + AERO 810, ini juga dapat untuk memberantas ulat daun bila ada yang menyerang.

– Pemanenan

Untuk memanen jarak harus tepat waktu jika tidak tepat waktu biasanya buah jarak akan melenting dan berhamburan, untuk umur panen berkisar 100-110 hari dari masa tanam.

Demikianlah cara budidaya jarak, manfaat tanaman jarak semoga dapat menambah pengetahuan.