Hortikultura Buah-Buahan Inilah 12 Jenis Jambu Biji yang Ada di Indonesia

Inilah 12 Jenis Jambu Biji yang Ada di Indonesia

0
Bagikan

Kabartani.com – Jambu biji merupakan salah satu komoditas buah-buahan yang mempunyai nilai ekonomis yang cukup tingi dan peluang pasar cukup cerah baik untuk ekspor maupun pasar dalam negeri. Jambu biji disamping dapat dimakan sebagai buah segar juga dapat diolah menjadi sirup, sari buah, nectar, buahvita, jelly, selai, kebang gula, dodol, dan sebagainya.

Berdasarkan hasil penelitian, beberapa bagian dari tanaman jambu biji dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat obat-obatan. Beberapa jenis obat yang berasal dari tanaman jambu biji telah erbukti dapat mengobati diare, disentri, demam berdarah, gusi bengkak, sariawan, jantung, dan diabetes.

Kandungan vitamin C jambu biji adalah dua kali lebih banyak dari jeruk manis yang hanya 49 mg per 100 g. Vitamin C yang sangat baik sebagai zat antioksidan, sebagian besar terkonsentrasi di kulit dan daging bagia luarnya yang lunak dan tebal pada saat menjelang matang.

Hingga saat ini terdapat 97 varietas jambu biji yang tersebar di beberapa negara termasuk Indonesia. Ada beberapa varietas jambu biji yang dikenal masyarakat Indonesia, antara lain :

1. Jambu Biji Australia

Jambu biji Australia memiliki ciri yaitu batang, daun, maupun buahnya berwarna merah-keunguan. Jambu biji ini berasal dari Australia. Daunnya berbentuk bulat memanjang dengan ukuran panjang 12-13 cm dan lebar 6-7 cm.

Daging buah berwarna putih, berbiji banyak, dan rasanya cenderung tawar ketika masih muda, tapi kalau sudah matang sempurna, rasa manisnya bisa menandingi jambu bangkok. Meski begitu, banyak orang menjadikan jambu ini sebagai tanaman hias daripada tanaman petik. Alasannya karena ukuran buah jambu australia yang kecil dan tidak terlalu renyah dagingnya.

Loading...

BERI BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here