Hortikultura Buah-Buahan Inilah 12 Jenis Jambu Biji yang Ada di Indonesia

Inilah 12 Jenis Jambu Biji yang Ada di Indonesia

0
Bagikan

2. Jambu Biji Bangkok

Jambu biji Bangkok berasal dari Bangkok, Thailand. Buahnya berukuran besar dengan bobot sekitar 500-1200 g/buah. Daging buah tebal, berwarna putih, dan bijinya sedikit. Kulit buah berwarna hijau muda mengkilap bila sudah matang. Rasanya daging buah manis serta enak dengan tekstur keras dan renyah.

Meskipun dagingnya kurang berair dan terasa agak keras, jambu biji Bangkok memiliki rasa paling manis dari jenis jambu biji lainnya. Tapi rasa manis ini tetap aman dikonsumsi harian, bahkan untuk penderita diabetes.

Rasa manis disebabkan oleh kadar gulanya yang mencapai 28,10%. Jambu Bangkok ini termasuk jenis jambu biji yang genjah yaitu cepat berbuah dan produksinya tinggi. Buahnya selain dikonsumsi sebagai buah segar juga dapat digunakan sebagai sirup.

3. Jambu Biji Brasil

Jambu biji Brasil termasuk unik dan langka, karena memiliki ukuran buah yang kecil dan berwarna kemerahan setelah matang. Jambu biji ini berasal dari Brasil, daunnya berwarna hijau mengkilap. Panjang daun sekitar 3-5,5 cm dan lebar 2,5 cm.

Rasa buahnya asam dan banyak mengandung biji. Kulit buah berwarna merah mengkilap dan daging buahnya berwarna putih. Bobot buah berkisar antara 5-7 g/buah.

Loading...

BERI BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here