Hortikultura Buah-Buahan Inilah 12 Jenis Jambu Biji yang Ada di Indonesia

Inilah 12 Jenis Jambu Biji yang Ada di Indonesia

0
Bagikan

4. Jambu Biji Getas Merah

Jambu Biji Getas Merah merupakan hasil temuan Lembaga Penelitian Getas, Salatiga, Jawa Tengah pada tahun 1980. Jambu biji ini merupakan hasil silangan antara jambu biji Pasar Minggu yang berdaging merah dengan jambu biji Bangkok.

Jambu biji getas merah memiliki keunggulan antara lain daging buahnya berwarna merah menyala atau merah cerah, tebal, rasa manis, harum dan segar. Ukuran buahnya cukup besar dengan bobot 400 g/buah. Daunnya berwarna hijau tua, panjang daun sekitar 6-14 cm.

Kulit buahnya berwarna hijau muda sampai hijau kekuningan bila telah matang. Permukaan kulit buah rata dan mengkilap sehingga penampilannya menarik. Produktivitasnya tinggi dan mampu berbuah sepanjang tahun.

5. Jambu Biji Kecil

Jambu biji kecil atau jambu biji menir ini pada umumnya ditanam sebagai tanaman buah dalam pot karena penampilannya yang unik. Adapun ciri-ciri dari jenis jambu ini antara lain ukuran daun kecil, yaitu panjang daun sekitar 4 cm dan lebar sekitar 1 cm.

Warna daun hijau tua dengan bentuk bulat panjang. Buahnya kecil dengan panjang buah 3 cm dan lebar 3 cm, bobot maksimal 12 g/buah. Rasa buah manis sedikit asam dan beraroma harum. Kulit buah berwarna hijau muda mengkilap dan daging buahnya berwarna putih dengan jumlah biji banyak.

6. Jambu Biji Khmer

Jambu biji Khmer memiliki bentuk buah bulat panjang dan lancip di bagian tangkainya, kulit buah berwarna hijau kekuningan, dan daging buahnya berwarna merah. Bobot buah sekitar 350 g/buah.

Loading...

BERI BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here