Hortikultura Buah-Buahan Inilah 12 Jenis Jambu Biji yang Ada di Indonesia

Inilah 12 Jenis Jambu Biji yang Ada di Indonesia

0
Bagikan

7. Jambu Biji Pasar Minggu

Jambu biji Pasar Minggu berasal dari hasil seleksi kultivar jambu biji kebun rakyat tahun 1920-1930. Bobot buah sekitar 150-200 g/buah, dengan bentuk buah agak lonjong seperti alpukat, rasa manis bertekstur lembut, dan aromanya harum. Kulit buah berwarna hijau kekuningan dengan permukaan halus pada saat matang.

Jambu pasar minggu sendiri ada dua jenis : berdaging buah putih dan merah. Namun, yang paling digemari konsumen hanyalah yang berdaging buah putih karena rasanya manis, daging buahnya agak tebal, dan teksturnya lembut. Yang berdaging buah merah kurang disukai karena buahnya cepat membusuk dan, rasanya kurang manis.

Walaupun keunggulan jambu ini tidak sebanding dengan jambu bangkok ataupun sukun, tetapi masyarakat masih menggemarinya karena harganya murah. Kulit buahnya tipis berwarna hijau kekuningan bila masak.

8. Jambu Biji Susu

Jambu biji Susu memiliki bentuk buah bulat dan meruncing di bagian dekat tangkai buah. Daging buah berwarna putih seperti susu, pada saat matang kulit buah berwarna hijau muda, kuning sampai keputihan. Rasa buah kurang manis dan banyak mengandung biji dengan bobot buah sekitar 300 g/buah. Daunnya berwarna hijau tua, panjang sekitar 5-11 cm dan lebar 4-5 cm.

9. Jambu Biji Variegata

Jambu biji ini termasuk langka, unik dan menarik. Sebutan jambu biji Variegata dikarenakan daunnya berwarna hijau tua belang-belang putih atau hijau belang-belang merah. Buahnya berbentuk simetris dengan diameter sekitar 4 cm. Bobot buah sekitar 15-18 g/buah.

Daging buah putih, kurang manis, bijinya banyak, dan kulitnya berwarna hijau belang-belang kekuningan setelah matang. Panjang daun sekitar 8-10 cm dan lebar 4 cm. Tanaman jambu biji Variegata cocok dijadikan tanaman tabulampot, karena buahnya banyak dan lebat serta penampilannya unik, indah dan menarik.

Loading...

BERI BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here