Hortikultura Buah-Buahan Inilah 12 Jenis Jambu Biji yang Ada di Indonesia

Inilah 12 Jenis Jambu Biji yang Ada di Indonesia

0
Bagikan

10. Jambu Biji Kristal

Jambu biji yang satu ini merupakan jambu yang paling disukai dan digemari masyarakat Indonesia, bahkan banyak tersedia di pasaran. Jambu kristal merupakan jenis jambu biji yang memiliki biji sedikit dan tekstur buahnya renyah seperti buah apel atau pir. Oleh karena itu, banyak juga yang menyebut jambu ini sebagai jambu apel. Bentuk jambu ini membulat seperti apel, memiliki daging buah berwarna putih dan rasanya manis serta renyah.

11. Jambu Biji Sukun

Jambu biji Sukun cukup banyak digemari masyarakat karena merupakan salah satu jenis jambu tanpa biji. Jambu biji sukun ada dua jenis, yaitu yang berdaging buah berwarna putih dan berdaging merah. Bentuknya memang hampir sama seperti jambu kristal, hanya saja kulit jambu sukun putih cenderung hijau keputihan saat sudah matang dan teksturnya lebih keras. Namun ketika dibuka, daging jambu sukun berwarna putih kekuningan, terasa manis-agak asam, dan renyah seperti apel.

Sedangkan jambu sukun merah, kulit buah cenderung berwarna hijau kekuningan, dengan daging buah berwarna merah, rasanya pun hampir sama dengan jambu sukun putih. Bagian luar buah terasa renyah dan semakin kedalam teksturnya semakin empuk. Rasa buah manis, enak, dan segar, sehingga cocok dijadikan buah segar atau dikonsumsi dalam bentuk segar. Warna daunnya hijau dan berbentuk kipas dengan panjang 10-11 cm dan lebar 7-8 cm.

Jambu sukun yang ada di Bangkok memiliki bobot buah rata-rata 400-500 g/buah atau maksimal mencapai 1000 g/buah. Namun, jambu sukun yang ada di Indonesia hanya berbobot sekitar 300 g/buah.

12. Jambu Tukan

Tak hanya jambu Bangkok saja, Thailand juga memiliki jenis jambu lainnya, yakni jambu Tukan. Jambu jenis ini memiliki ukuran yang sama seperti jambu bangkok. Bedanya, jambu yang juga disebut “jambu kurap” ini memiliki daging buah berwarna putih kekuningan, bertekstur tebal, dan terasa cukup manis. Tapi jika terlalu matang, jambu Tukan malah berubah jadi kurang manis dan sepat, sehingga banyak orang memetiknya saat masih agak keras.

Simak juga :

Demikianlah informasi mengenai Jenis-jenis Jambu Biji yang ada di Indonesia. Dari jenis-jenis jambu biji diatas, mana yang kalian suka? silahkan berikan alasan di kolom komentar ya, silahkan bagikan artikel ini ke sobatani lainnya. Terima kasih.

Loading...

BERI BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here