Inilah Manfaat dan Khasiat Buah Tin Bagi Kesehatan

Inilah Manfaat dan Khasiat Buah Tin Bagi Kesehatan

2
SHARE
Manfaat Buah Tin

Kabartani.com – Buah Tin mungkin belum terlalu populer di Indonesia, tapi dibeberapa daerah tak sedikit yang sudah membudidayakan tanaman ini. Apa itu buah Tin? bagi anda yang belum mengetahui tentang buah ini bisa anda baca disini.

Buah Tin ini sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan, karena buah ini mengandung banyak molekul gula, vitamin serta mineral. Buah tin ini juga biasa dipakai sebagai campuran dalam produksi susu, sedangkan bagi orang Arab, khususnya para wanita, mereka biasa memanfaatkan buah Tin ini dengan cara merebus daunnya sebagai obat untuk mengatasi rasa nyeri ketika menstruasi.

Khasiat yang dihasilkan buah Tin ini berasal dari kandungan nutrisinya, seperti protein, mineral, vitamin, zat besi dan kalsium ada di dalam buah Tin ini.

Lalu apa saja sih manfaat buah Tin bagi kesehatan? Berikut ini kami jabarkan 20 manfaat buah tin yang harus anda ketahui yaitu:

  1. Anti Bakteri
    Buah tin mampu membunuh bakteri pengganggu kesehatan. Kandungan buahnya dapat membunuh mikroorganisme yang bisa menyebabkan virus dan jamur.
  2. Pembentukan Sel Darah Merah
    Memicu pembetukan sel darah merah (hemoglobin), sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi bagi para penderita Anemia. Selain itu, peningkatan darah merah juga dapat mengoptimalkan daya ingat serta mengurangi kelelahan.
  3. Mengobati Wasir
    Tidak hanya buah pepaya saja yang mampu memperlancar pencernaan, namun buah Tin juga dapat mengatasi sembelit atau susah buang air besar.
  4. Mencegah Resiko Penyakit Jantung
    Kandungan omega 3 dan kalium yang ada di buah Tin mampu mencegah terjadinya jantung koroner. Zat kalium ini juga banyak terdapat pada buah pisang dan  mangga.
  5. Mencegah Keropos Tulang
    Memiliki kandungan kalsium yang sama seperti susu, sehingga dapat mempercepat pertumbuhan gigi dan tulang, serta bermanfaat untuk mencegah keropos tulang.
  6. Mencegah Asam Urat
    Karena kadar memiliki kadar kalsium yang cukup tinggi yang dapat memperkuat tulang dan sendi, sehingga mampu mencegah asam urat.
  7. Mencegah Kanker Usus Besar
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam 100 gram buah Tin, mengandung 20% kebutuhan zat serat harian tubuh kita. Dari jumlah tersebut, lebih 28% adalah jenis serat terlarut. Serat terlarut bisa membantu gula dalam darah dan mengurangi kolesterol dalam darah dengan mengikatnya di dalam saluran pencernaan, manakala serat tidak larut, dapat melindungi dan mencegah kanker usus besar (koion)
  8. Mencegah Resiko Kanker Prostat
    Didalam buah Tin juga mengandung coumarin, yang bermanfaat untuk mengurangi resiko kanker prostat.
  9. Pengganti Susu
    Buah Tin mengandung kalsium yang tinggi sehingga bisa digunakan sebagai pengganti susu bagi penderita alergi produk susu. Hal ini sama seperti manfaat susu kedelai yang dikonsumsi sebagai pengganti susu sapi.
  10. Mencegah Insomnia
    Buah Tin mengandung trytophan seperti yang terdapat pada coklat, kandungan ini dapat membuat tidur lebih nyenyak dan menghindarkan insomnia.
  11. Mengurangi Kolesterol
    Memiliki kandungan pektin, yang bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Zat ini juga dapat menurunkan lemak yang terkandung dalam karena mengandung trigliserida.
  12. Penangkal Tumor
    Mengandung benzaldehid serta fenol yang berkhasiat sebagai zat penangkal tumor.
  13. Mengontrol Gula Darah
    Serat yang ada didalam buah Tin mampu memperlambat penyerapan gula atau glukosa pada usus kecil. Buah tin juga mampu mengontrol kandungan gula darah karena mengandung fruktosa dan glukosa.
  14. Mengobati Luka
    Caranya sangat mudah, masak buah tin kering hingga mandidih, lalu dicampur dengan susu. Setelah masak, lalu dinginkan, kemudian balut bagian luka dengan mengoleskan ramuan ini.
  15. Perawatan Kulit Wajah
    Buah tin dapat digunakan untuk mengobati jerawati, cukup dihaluskan dan dijadikan masker untuk perawatan kulit wajah.
  16. Membantu Diet
    Buah tin karena kaya kandungannya akan serat, maka mampu mengurangi berat badan. Oleh karena itu Buah tin sangat cocok bagi anda yang sedang melakukan program diet.
  17. Pengganti Gula
    Rasa manis yang ada dalam buahnya, sering digunakan sebagai sumber bahan makanan yang kerap digunakan untuk menggantikan gula.
  18. Obat Usus dan Lambung
    Potong kecil-kecil 6 buah tin, kemudian campurkan minyak zaitun dan potongan jeruk nipis. Setelah tercampur rata, diamkan selama semalam. Setelah itu ramuan ini siap untuk diminum.
  19. Menjaga Kesuburan
    Buah tin mampu meningkatkan sperma dan kesuburan bagi seseorang karena mengandung anti oksidan yang sangat tinggi. Anti oksidan tersebut lah yang berperan melindungi asam lemak sperma dan menghindarkan dari kerusakan.
  20. Mengatasi Encok
    Encok disebabkan oleh makan daging merah yang berlebihan, hal ini menyebabkan kerusakan asam amino, yaitu asam sel somatic. Buah tin memiliki kaitan dengan enzim yang khusus mengubah trimethyl menjadi asam folat. Enzim yang biasanya bekerja dalam satu sisi saja maka ia bekerja dalam dua sisi sehingga seimbang. Oleh karena itu, obat-obatan dari luar melemahkan enzim, tetapi buah tin bisa menormalkan kinerja enzim.

Itulah beberapa Manfaat dan Khasiat Buah Tin Bagi Kesehatan, semoga informasi diatas bermanfaat bagi para pembaca semua.