Inilah Tertill, Robot Pembasmi Gulma / Rumput Liar

Inilah Tertill, Robot Pembasmi Gulma / Rumput Liar

0
Bagikan
Tertill, Robot Pembasmi Gulma atau Rumput Liar

Kabartani.com – Lelah dengan Gulma? beristirahatlah dan biarkan robot canggih ini bekerja. Yaa, inilah Tertill, robot canggih yang diciptakan untuk membantu kita dalam masalah gulma atau rumput liar di perkebunan. Tertill sendiri merupakan produk yang diciptakan oleh Franklin Robotics.

Kita tak perlu repot untuk mengendalikan Tertill, karena robot ini mampu bergerak secara otomatis dengan adanya sensor yang dimilikinya. Secara otomatis, ia akan berjalan mendeteksi adanya gulma dan kemudian memusnahkan gulma tersebut dengan menggunakan pisau potong yang sudah ter-install di bagian bawah chasis robot.

Simak juga Menyulap Gulma Babadotan Sebagai Pestisida dan Pupuk Organik

Karena kecil, robot ini mampu berjalan di medan bertanah dan lembab seperti kebun. Ia bisa menyusup dengan mudah di bawah cabang-cabang tanaman untuk mencari tanaman pengganggu dan memusnahkannya.

Lebih hebatnya lagi, Tertill ini sudah didesain untuk perkebunan sayur atau bunga yang organik. Jadi, Tertill ini beroperasi tanpa memakai zat kimia berbahaya atau pestisida.

Tertill beroperasi menggunakan baterai yang dapat diisi secara otomatis dengan adanya panel tenaga surya. Jadi, robot ini pun sangat ramah lingkungan. Anda juga tak perlu khawatir Tertill akan rusak atau konslet karena robot ini tahan air.

Sayangnya, robot ini masih mempunyai beberapa kelemahan yang bisa anda lihat di video berikut ini.

Rencananya robot ini akan diluncurkan pada Kickstarter Crowd Funding yang akan dilaksanakan pada 13 Juni nanti dengan harga berkisar $300 atau sekitar Rp 4 jutaan per unitnya.

Bagaimana? Anda berminat membeli robot ini? Ya, siapa tahu Tertill bisa menjadi solusi yang lebih sehat daripada menggunakan pembasmi gulma yang bersifat kimiawi.

Simak juga BB Mektan Berhasil Merealisasikan 3 Prototipe Alat Mesin Pertanian (Alsintan)

Loading...

TIDAK ADA KOMENTAR

BERI BALASAN