Inovasi Alat Pertanian Pembersih Rumput Dengan Memanfaatkan Gas LPG

Inovasi Alat Pertanian Pembersih Rumput Dengan Memanfaatkan Gas LPG

2
Bagikan

KABARTANI.COM – Inovasi Alat Pertanian Pembersih Rumput Dengan Memanfaatkan Gas LPG. Petani di Kabupaten Nganjuk Jawa Timur menemukan inovasi unik alat pembasmi rumput dengan memanfaatkan gas LPG. Ia adalah pak Susanto, menurutnya inovasi ini diklaim lebih ramah lingkungan karena tidak meninggalkan residu kimia yang dapat merusak kesuburan tanah.

Pak susanto petani asal desa Gadu, Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk Jawa Timur, ia memanfaatkan pembakaran dari gas LPG untuk memberantas pertumbuhan rumput di lahan pertanianya. Metode yang digunakan pengelolaan hama terpadu yakni dengan cara membakar rumput yang masih hidup dengan menggunakan gas LPG.

Pak susanto menyebut alatnya ini dengan sebutan SEMAPUT ( alat Susuanto Pembasmi Rumput) dengan sedikit modifikasi dari Pak susanto, tabung LPG dapat digunakan secara efektif untuk membasmi rumput di sawah. Cara kerja alat Semaput ini adalah dengan cara langsung membakar rumput yang tumbuh di area pertanian.

Keunggulan alat pembasmi rumput ini adalah lebih efektif karena pembakaran bias diarahkan, selain  itu tidak hanya rumput kering saja yang terbakar melainkan rumput yang masih hijau pun juga bisa terbakar karena tingginya suhu pembakaran.

Dengan cara pembakaran ini akan berdampak baik terhadap kesuburan tanah karena sisa pembakaran akan menjadi arang dan dapat menjadikan keasaman tanah semakin berkurang. Selain itu arang juga bisa dijadikan sebagai pupuk penyubur.

Berbeda dengan obat rumput kimia (Herbisida) yang justru akan bisa merusak keadaan tanah.

Loading...

2 KOMENTAR

  1. justeru bila rumput dibakar, sisa pembakaran yang disebut “abu” dari rumput tersebut bila malam-pagi hari berpadu dengan embut/air akan menambah kesuburan pertumbuhan akar rumbut yang tertinggal dalam tanah cepat membentuk tunas rumput lagi….karena hasil pengalaman saya demikian. wallahu a’alam

  2. Inovasi bagus, namun untuk penerapan pembakaran di lahan dengan luas 5 hektar membutuhkan waktu berapa hari ya, lebih murah atau malah lebih mahal.

BERI BALASAN