Jarak Tanam Singkong Untuk Model Tumpang Sari

Jarak Tanam Singkong Untuk Model Tumpang Sari

0
SHARE

KABARTANI.com – Berapa Jarak Tanam Singkong Untuk Model Tumpang Sari? Pada dasarnya dalam budidaya tanaman singkong yang dikombinasikan dengan tanaman lainnya atau yang biasa disebut tumpang sari adalah menggabungkan tiga macam budi daya.

Yaitu 1) budi daya monokultur tanaman kacang tanah pada musim pertama (awal musim hujan), 2) tumpang sisip dengan penanaman bibit singkong yang diatur secara baris ganda (double-row) (umur kacang tanah 20 hari), dan 3) budi daya tanaman kacang-kacangan di antara singkong pada musim kedua (menjelang akhir musim hujan).

Walaupun penanaman singkong jadi sedikit lebih rendah dibanding populasi monokultur (sekitar 90%), akan tetapi dengan menggunakan sistem tumpang sari, hasil singkong per pohon lebih tinggi sehingga hasil total lebih tinggi dibanding monokultur.

1. Penanaman Kacang tanah (pada awal Musim Hujan-1)

jarak-tanam-singkong-model-doble-row-dg-kacang-tanah-mt-1-kabartani

Kacang tanah ditanam dengan populasi sekitar 100% (seperti budi daya monokultur biasanya).

2. Penanaman Ubi Kayu Double-row

  • Bibit singkong ditanam setelah tanaman kacang tanah sudah berumur 20 hari.
  • Bibit singkong ditanam secara baris ganda dengan jarak tanam (60×70) x 260 cm.
  • Jarak tanam 60 x 70 cm adalah jarak tanam bibit singkong dalam baris ganda, sedangkan 260 cm adalah jarak antar baris ganda bibit singkong (lihat gambar).

Dengan pola tersebut, populasi singkong sekitar 90% dari cara tanam monokultur (populasi monokultur 10.000 tanaman/ha).

3. Pemupukan dan Pemeliharaan

Pemupukan dan pemeliharaan tanaman kacang-kacangan sama dengan pola monokultur. Selama masih ada pertanaman kacang-kacangan, pemeliharaan ubi kayu tidak dilakukan, kecuali “wiwil” (pembatasan tunas) yang dilakukan pada umur 1 bulan (lihat budi daya ubi kayu monokultur).

Pemeliharaan dan pemupukan tanaman singkong dilakukan setelah kacang-kacangan pertama dipanen. Acuan dosis pemupukan dan pemeliharaan (penyiangan, pembumbunan, dst.) seperti pada budidaya monokultur.

4. Penanaman Kacang-kacangan Kedua (akhir musim hujan/MH-2)

jarak-tanam-singkong-model-doble-row-dg-kacang-hijau-mt-2-kabartani

Setelah kacang-kacangan dipanen, maka tersedia ruang di antara baris ganda tanaman singkong selebar 260 cm. Di antara lorong tersebut dapat ditanam kacang-kacangan sebanyak 5 (lima) baris dengan jarak tanam 40 x 15 cm atau 35 x 20 cm. Dengan jarak tanam ini populasi sekitar 70% dari monokultur.

Pemupukan, Pemeliharaan, dan Panen (lihat teknik budi daya monokultur masing-masing komoditas)

Simak juga 

Demikianlah informasi mengenai Jarak Tanam Singkong Untuk Model Tumpang Sari. Semoga informasi ini bermanfaat bagi sobat tani sekalian. Terima kasih.