Hortikultura Buah-Buahan Jenis-jenis Buah Duku yang Populer di Indonesia

Jenis-jenis Buah Duku yang Populer di Indonesia

0
Bagikan

Kabartani.com – Di Indonesia, sampai saat ini dikenal banyak jenis duku komersial. Keanekaragaman jenis duku tersebut antara lain disebabkan oleh bibit yang berasal dari biji (generatif), iklim dan lingkungan tempat tumbuhnya yang berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya. Demikian juga cara perawatannya dapat mempengaruhi kualitas buah duku.

Pada umumnya, nama varietas duku yang dikenal di Indonesia menyiratkan daerah asal duku tersebut, sehingga di pasaran dikenal ada duku Palembang, duku Condet, duku Matesih dan sebagainya.

Tidak semua jenis duku yang terdapat di Indonesia termasuk jenis unggul. Ada kriteria umum yang dipakai untuk menilai suatu jenis duku unggul. Secara umum ciri-ciri duku unggul antara lain ukuran buah relatif besar, warna kulit buah kuning langsat dan tidak bergetah, daging buah tebal, rasa manis, dan warna daging buah putih transparan (bening), serta bijinya jarang atau berukuran kecil. Berikut ini beberapa jenis duku komersial yang dikenal di Indonesia :

Duku Palembang/Komering

Duku Palembang/Komering

Duku Palembang merupakan salah satu jenis duku yang terkenal dikalangan masyarakat luas. Sesuai namanya, jenis duku ini memang dihasilkan dari daerah Sumatera Selatan yang beribukota Palembang. Di daerah ini, tanaman duku banyak tersebar di Kabupaten Lahat, Musi Banyuasin, Musi Rawas, dan Bangka.

Sentra terluas dan yang terbaik jenisnya berasal dari daerah Ogan Komering Ilir, Ogan Komering Ulu, dan Muara Enim. Karenanya, duku Palembang sering juga disebut duku Komering. Duku Palembang diakui sebagai salah satu jenis duku unggul dan sangat disukai konsumen.

Ciri-ciri fisik duku Palembang diantaranya yaitu kulit buah tipis, warna daging buah bening, rasa manis dan hampir tidak berbiji. Dari 10-15 buah hanya satu buah yang mengandung biji, itupun ukurannya relatif kecil. Pada umumnya tanaman duku yang baru mulai berbuah, produksinya rata-rata sekitar 12 kg/pohon/tahun, sedangkan yang sudah dewasa dapat mencapai 8-9 kw/pohon/tahun.

Duku Condet

Duku Condet

Duku Condet merupakan salah satu jenis duku unggul yang berasal dari daerah sekitar Condet, DKI Jakarta. Walaupun jenis duku Condet ini termasuk jenis duku unggul, namun kualitasnya masih kalah dengan duku Palembang.

Ciri-ciri duku Condet adalah : ukuran buah sedikit lebih kecil dari ukuran duku Palembang, daging buah sedikit lebih kecil dari duku Palembang, daging buah rasanya manis dan berwarna putih jernih/bening, kulit buah tipis, biji berukuran kecil. Persentase buah yang dapat dimakan pada buah duku Condet hanya berkisar antara 52,46-64,09%, sedangkan duku Palembang mencapai 64,28-77,28%.

Duku Matesih

Duku Matesih

Duku Matesih banyak dihasilkan di Kecamatan Matesih terutama di desa Plosorejo, Koripan, Karang Bangun, Dawung dan Desa Matesih, Karanganyar, Jawa Tengah. Ukuran buah duku Matesih sedikit lebih kecil dibandingkan dengan duku Palembang.

Simak juga : Langkah Budidaya Buah Duku

Kulit buahnya selain tipis juga tampak lebih terang warnanya. Rasa daging buah manis, warna daging buah putih dan kesat. Bijinya tidak jauh berbeda dengan duku Palembang. Duku Matesih yang berumur kurang lebih 15 tahun mampu menghasilkan kurang lebih 1 kuintal buah.

Sumber : Lukitariati Sadwiyanti (Balitbu, 2009)

Loading...

BERI BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here