Jenis – jenis penyakit yang sering menyerang ikan nila

Jenis – jenis penyakit yang sering menyerang ikan nila

0
SHARE

Kabartani.com-Jenis – jenis penyakit  yang sering menyerang ikan nila, dalam budidaya ikan nila, serangan penyakit pada ikan merupakan momok yang harus dihadapi para pembudidaya dengan serius, supaya resiko kerugian dapat dikurangi.

Biasanya jenis – jenis penyakit yang sering menyerang budidaya ikan nila adalah sebagai berikut :

1. Penyakit yang sering menyerang pada kulit, kebanyakan ikan nila yang terkena penyakit ini maka akan timbul tanda – tanda sperti timbulnya warna merah didaerah – daerah tertentu pada tubuh ikan.

Untuk mengendalikan penyakit ini dengan cara : Direndam dalam larutan PK (kalium permanganat) selama 30-60 menit dengan dosis 2 gram/10 liter air,

Pengobatan dilakukan berulang 3 hari kemudian. Dan Direndam dalam Negovon (kalium permanganat) selama 3 menit dengan dosis 2-3,5 %.

2. Penyakit yang sering menyerang pada Insang, kebanyakan ikan nila yang terserang penyakit ini maka ditandai pada tutup insang terlihat bengkak, lembar insang pucat / keputihan.

Untuk mengendalikannya dengan cara direndam dalam larutan PK (kalium permanganat) selama 30-60 menit dengan dosis 2 gram/10 liter air,pengobatan dilakukan berulang 3 hari kemudian. Dan direndam dalam Negovon (kalium permanganat) selama 3 menit dengan dosis 2-3,5 %.

3. Penyakit yang menyerang pada organ dalam, kebanyakan ikan nila yang terserang dengan penyakit ini biasanya ditandai dengan timbulnya tanda – tanda yang meliputi perut ikan akan terlihat bengkak, sisik ikan berdiri, gerak ikan tidak terlalu gesit.

Untuk mengendalikannya dengan cara  direndam dalam larutan PK (kalium permanganat) selama 30-60 menit dengan dosis 2 gram/10 liter air,pengobatan dilakukan berulang 3 hari kemudian. Dan direndam dalam Negovon (kalium permanganat) selama 3 menit dengan dosis 2-3,5 %.

4. Trichodina sp penyakit jenis ini merupakan mikroorganisme yang menjadi parasit pada ikan air tawar dan ikan air laut. Kebanyakan yang diserang pada bagian kulit, sirip dan insang, apabila ikan nila terserang penyakit seperti ini, maka tanda – tanda yang ditimbulkan diantaranya

Terjadinya luka pada organ – organ tertentu pada ikan.

Untuk mengendalikan penyakit ikan nila ini dengan cara merendam ikan yang sakit dalam larutan garam (NaCl) 500-1000 mg / liter selama 24 jam. Atau dengan larutan

formalin 25 mg / liter.

5. Saprolegniasis termasuk jenis penyakit yang disebabkan karena serangan jamur, pada umumnya penyakit jenis ini menyerang telur, larva dan menggoreng ikan.

Untuk mengendalikan penyakit jenis ini dengan cara merendam telur atau ikan yang menyerang perunggu hijau solusi 1 mg / liter

selama 1 jam, atau larutan formalin 200-300 mg / liter selama 1-3 jam, atau NaCl 5 g / liter selama 15 menit.

Demikianlah gambaran dalam menangani penyakit – penyakit yang menyerang ikan dalam budidaya ikan nila, semoga dapat bermanfaat.