Jenis Pakan LELE yang Sering Digunakan Untuk Mempercepat Pembesaran Ikan LELE

Jenis Pakan LELE yang Sering Digunakan Untuk Mempercepat Pembesaran Ikan LELE

0
SHARE

KABARTANI.com – Pakan LELE – Sebelumnya dalam budidaya ikan lele, setelah kita menyiapkan bibit unggul, menyiapkan tempat atau kolam untuk budidaya ikan lele, pemberian pakan yang baik pun menjadi penunjang keberhasilan dalam budidaya ikan lele.

Terlebih dahulu bahwa pakan merupakan hal terpenting dalam budidaya ikan lele,  pakan juga sebagai faktor penentu utama dalam pertumbuhan ikan lele. pemberian pakan lele yang baik dengan frekuensi aturan pemberian pakan yang tepat akan sangat menguntungkan bagi siapapun yang membudidayakan, pasalnya hasil panen dari budidaya ikan lele menjadi sesuai yang kita harapkan.

Berikut Jenis Pakan Lele, Yang Sering Digunakan Untuk Pembesaran 

1. Pelet 

kabartani-com-pelet-apungPelet adalah pakan buatan yang diproduksi oleh pabrik, pelet dibuat dari campuran berbagai macam tepung (terigu, ikan, tulang, daging) bungkil kedelai, kelapa, mineral, dedak, minyak dan tambahan macam – macam vitamin. ada dua jenis pelet yang beredar di pasaran yaitu pelet apung dan pelet tenggelam. Kedua pelet ini sangat disukai lele, pelet apung mengandung lebih banyak protein dari pada pelet tenggelam.

2. Pakan Tambahan,

kabartani-com-ikan-runcah Pakan tambahan diberikan paling tidak sepuluh hari menjelang masa panen. Pakan tambahan yang sering digunakan oleh para peternak adalah ayam tiren, ikan runcah,dll. hal yang terpenting untuk pakan tambahan tersebut adalah tetap memiliki kandungan protein yang tinggi dan memiliki gizi yang cukup sehingga dapat memaksimalkan pertumbuhan ikan lele.

3. Pakan Alami 

kabartani-com-cacing-suteraPakan alami adalah pakan yang berasal dari alam yang mengandung banyak protein tinggi.tujuan dari pemberian pakan alami adalah untuk mempercepat pertumbuhan ikan lele.salah satu contoh pakan alami seperti cacing sutera yang sering diberikan ketika lele masih dalam bentuk bibit lele, dikarenakan cacing sutera sangat disukai ikan lele, selain itu ada beberapa pakan alami seperti plankton, uget-uget/cuk, kutu air dan mikroorganisme lain yang dapat hidup dan berkembang di dalam media kolam.

Baca Juga :

  1. Cara agar budidaya lele terbebas dari penyakit
  2. Penyebab lele mengantung dipermukaan air kolam

Demikianlah makanan penunjang untuk mempercepat pembesaran dalam budidaya ikan lele, sehingga hasil panen ikan lele sesuai dengan yang kita harapkan.sedikit ulasan diatas semoga bermanfaat.