Kambing PE, Bisa Hidup di Daerah Dingin Maupun Panas, Serta Susu yang...

Kambing PE, Bisa Hidup di Daerah Dingin Maupun Panas, Serta Susu yang Lebih Bagus Dari Sapi

0
SHARE

KABARTANI.COM – Seperti yang sudah kita ketahui bersama, kualitas susu kambing peranakan etawa atau yang biasa disebut kambing PE memang lebih bagus dari susu sapi, karena susu kambing PE memiliki kelengkapan gizi yang lebih sempurna. Tak pelak hanya dalam kurun waktu 6 tahun terakhir ini, peternakan kambing PE terus mengalami penigkatan. Salah satunya yaitu peternakan kambing PE di Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Berdasarkan data dari Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Sleman, di wilayah Sleman sendiri semakin banyak petani yang giat berternak kambing PE tersebut, baik atas inisiatif sendiri maupun yang berasal dari bantuan pemerintah.

Menurut Wagimin, seorang ahli kambing PE yang juga seorang dokter hewan sekaligus Pembina kelompok ternak sapi dan kambing di Sleman, mengatakan bahwa di wilayah Sleman merupakan wilayah yang ideal untuk mengembangkan peternakan.

Dikatakan Wagimin, kondisi alam Sleman khususnya yang berada di Kecamatan, Pakem, Turi dan Cangkringan, merupakan daerah dingin karena terletak di kaki Gunung Merapi, yang memiliki suhu udara rata-rata 18 s/d 24 °C. Wagimin menambahkan, udara dingin adalah habitat yang cocok untuk pengembangan kambing PE dan hewan ternak penghasil susu lainnya seperti sapi perah.

“Kambing PE memang lebih bagus hidup di lingkungan berhawa dingin. Namun, pada kenyataannya kambing PE juga bisa hidup di suhu udara panas. Di Kabupaten Kulon Progo misalnya, justru mampu menghasilkan PE berkualitas dan sempat menyuplai bibit unggul ke Jawa Timur. Di Kabupaten Gunung Kidul dan Bantul juga berkembang bagus,” ujar Wagimin.

Wagimin menjelaskan bahwa dengan menerapkan manajemen pemeliharaan yang baik dan sehat, selain bisa hidup dan berkembang di suhu udara panas, kambing PE juga bukan tidak mungkin mampu memproduksi 1,5 liter susu per hari per ekor. Ini lebih tinggi dari rata-rata peternak kambing lainnya yang hanya 1 liter.