Kandungan dan Manfaat Jeruk Nagami Bagi Kesehatan

Kandungan dan Manfaat Jeruk Nagami Bagi Kesehatan

0
SHARE
Kandungan dan Manfaat Jeruk Nagami Bagi Kesehatan - Kabartani.com

KABARTANI.COM – Sebenarnya masih banyak jenis jeruk yang ingin saya bahas disini, tapi untuk kali ini saya akan coba mulai dari jeruk jenis Nagami terlebuh dahulu. Jeruk Nagami merupakan satu varian buah “kumquat” selain marumi.

Tanaman-Jeruk-Nagami - Kabartani.com
Tanaman Jeruk Nagami – Kabartani.com

Jeruk Nagami yang memiliki nama ilmiah Citrus Japonica merupakan tanaman yang berasal dari Jepang, ciri khas dari tanaman jeruk nagami ini adalah bentuk buahnya yang lonjong dan berukuran kecil-kecil. Yang unik, selain dagingnya yang dikonsumsi, ternyata kulitnya juga bisa dikonsumsi, bahkan ada yang rasa kulit jeruknya lebih manis dari daging buahnya sendiri, serta memiliki aroma yang wangi dan segar.

Pohon jeruk nagami biasa tumbuh setinggi 2,5 hingga 4,5 meter dengan batang bercabang dan berduri. Jeruk nagami ini rajin sekali berbuah, setiap pohonnya dapat menghasilkan ribuan buah setiap tahun. Tanaman ini sangat populer di asia seperti China, Filipina, dan beberapa negara di Asia Tenggara.

Buah Jeruk Nagami - Kabartani.com
Buah Jeruk Nagami – Kabartani.com

Apa saja kandungan yang ada di dalam jeruk nagami?
Selain daunnya mengandung banyak minyak atsiri, buahnya juga mengandung gula, asam organik, kaya serat dan beberapa vitamin seperti vitamin A, B, C, serta mineral seperti kalsium dan zat besi.

Apa manfaat jeruk nagami bagi kesehatan?
Buah jeruk nagami berguna untuk mengobati bronkitis, batuk pilek, radang tenggorokan, demam, diare, gangguan limpa dan lainnya. Buah ini juga cocok dikonsumsi oleh Anda yang sedang berdiet. Dengan mengonsumsi 8 buah jeruk nagami setara dengan 100 kalori.

Baca juga

Jika disimpan dalam lemari es dan simpan dalam wadah tertutup rapat jeruk nagami dapat bertahan selama dua minggu. Tapi jika tidak disimpan dilemari es hanya bertahan selama 2-3 hari.

Itulah informasi mengenai Kandungan dan Manfaat Jeruk Nagami Bagi Kesehatan, semoga bermanfaat bagi sobat tani semuanya. Terima Kasih sudah berkunjung dan membaca.