Kebun Percobaan Muara Bogor Terapkan Pertanian Modern

    Kebun Percobaan Muara Bogor Terapkan Pertanian Modern

    0
    SHARE
    Kebun Percobaan Muara Bogor Terapkan Pertanian Modern

    KABARTANI.com – Kebun Percobaan Muara Bogor merupakan kebun percobaan dibawah Balai Besar Penelitian Tanaman Padi. Kebun tersebut memiliki lahan sawah seluas 35 ha, dan memiliki karakteristik unik yang tidak dimiliki oleh Kebun Percobaan lain.

    Kebun Percobaan (KP) Muara Bogor berada di pusat kota Bogor, kurang lebih sekitar 2 km ke arah selatan dari istana Bogor, hal inilah yang membuat Kebun Percobaan Muara Bogor ini disebut sebagai miniatur pertanian kota.

    Simak juga : Sistem Aquaponik Lele: Budidaya Ikan Lele Sambil Berkebun

    Karena letaknya di tengah kota masalah utama dalam kegiatan ini adalah terbatasnya tenaga kerja pertanian yang berkecimpung dalam bidang ini.

    Masalah tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi KP Muara untuk lebih memaksimalkan modernisasi pertanian yaitu pertanian modern dengan mekanisasi pertanian.

    Oleh karena itu, sejak Musim Tanam (MT) I tahun 2016 ini dimulailah pertanian modern dengan beragam alsintan seperti penggunaan traktor singkal dan rotary untuk mengolah lahan, penggunaan rice transplanter untuk sistem tanam jajar legowo 2:1 dan 4:1, rice power weeder untuk menyiangi gulma hingga panen menggunakan mini combine harvester.

    Kebun Percobaan Muara Bogor
    Kebun Percobaan Muara Bogor

    Terbukti dengan penggunaan alat tersebut mampu membantu menyelesaikan kegiatan budidaya padi di KP Muara menjadi lebih hemat waktu, tenaga kerja, dan biaya.

    Simak juga : Bumina dan Yumina, Teknik Baru Budidaya Ikan Sekaligus Berkebun

    Kondisi serangan hama utama pertanaman padi pada fase vegetatif saat ini adalah keong mas, sedangkan generatif adalah burung. Upaya pengendalian hama tersebut belum optimal karena belum adanya teknologi yang efektif.

    Kebun Percobaan Muara Bogor
    Kebun Percobaan Muara Bogor