Berita Kebun Plasma Nutfah Pisang Jogja dengan 346 Jenis Pisang Terlengkap se Asia...

    Kebun Plasma Nutfah Pisang Jogja dengan 346 Jenis Pisang Terlengkap se Asia Tenggara

    0
    Bagikan

    Kabartani.com – Pisang merupakan varian tanaman yang mudah dibudidayakan. Buahnya pun enak untuk disantap, seperti diolah dengan digoreng maupun direbus. Untuk menjaga kelestarian dan meningkatkan nilai ekonomis dari buah pisang, maka dikembangkanlah Plasma Nutfah Pisang.

    Plasma nutfah pisang sebenarnya memiliki arti tumbuhan pisang yang diprotoplasmakan dari sel-sel yang mengandung kromosom-kromosom atau gen-gen.

    Selanjutnya, dari kromosom atau gen tersebut akan dikembangkan untuk mendapatkan keanekaragaman sifat yang dimilikinya untuk diteruskan kepada keturunan pisang.

    Daerah yang berani mengembangkan potensi dari budidaya pisang secara serius adalah Kota Yogyakarta. Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya melalui Kantor Pertanian dan Kehewanan membudidayakan aneka jenis pisang di kebun plasma nutfah pisang yang terletak di Jalan Lingkar Selatan, Malangan, Giwangan, Umbulharjo, Jogja. Hanya sekitar 1 km dari Terminal Giwangan Jogja.

    kebun-plasma-nutfah-pisang-jogja-kabartani

    Menurut Kepala UPT Pelayanan Pertanian dan Perikanan Desperindagkoptan Kota Yogyakarta, Bambang Widiatmoko mengatakan, kebun tersebut sudah mulai dirintis pada 1988 oleh wali Kota Jogja saat itu. Ketika itu telah mulai dilakukan pengumpulan, pemeliharaan, dan penyebarluasan koleksi berbagai jenis pisang, dan pada tahun 2004 menjadi Pusat Pisang Nasional.

    “Mulai tahun 2004, Kebun Plasma Nutfah Pisang ini dikukuhkan Kementerian Pertanian Indonesia sebagai kebun koleksi pisang terlengkap se-Indonesia, bahkan kini se-Asia Tenggara. Sekarang kebun ini juga dikukuhkan sebagai pusat pisang nasional,” terang bambang Widiatmoko kepada brilio.net, Rabu (13/5).

    Karena telah dikukuhkan menjadi pusat pisang nasional, maka sarana prasarana pendukung pun semakin dilengkapi. Kini kawasan Kebun Plasma Nutfah Pisang telah dilengkapi dengan laboratorium kultur jaringan, laboratorium olahan, dan rumah aklimatisasi sebagai tempat pengadaptasian bibit tanaman.

    Di kebun ini tertanam sekitar 5.500 batang pisang dari 346 jenis pisang yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan dari mancanegara. Koleksi unggulan tanaman herbal ini, antara lain pisang seribu dan pisang sangga buana.

    pisang-seribu-di-kebun-plasma-nutfah-pisang-jogja-kabartani
    Pisang Seribu

    Di antara 346 jenis pisang itu, ada beberapa nama yang unik seperti pisang genderuwo. Ada juga pisang unik seperti berbuah dua tandan, jantung pisangnya tegak ke atas, hingga pohon pisang yang langsung berbuah, tak mempunyai jantung pisang.

    pisang-sangga-buana-kabartani
    Pisang Sangga Buana

    Menurut Bambang Dwi Atmoko, selaku penanggung jawab kebun plasma dari Kantor Pertanian dan Kehewanan Kota Yogya. Keberadaan plasma nutfah pisang ini bertujuan sebagai upaya pelestarian tanaman pisang, sekaligus untuk meningkatkan nilai
    ekonomis dari buah pisang.

    Selain itu keberadaan kebun plasma nutfah pisang selain untuk pengembangan ilmu pengetahuan, daerah itu juga dijadikan sebagai basis teknologi olahan pisang, teknologi perbanyakan bibit pisang secara kultur jaringan, teknologi konservasi pisang secara kultur jaringan.

    Bahkan, di kawasan ini sering dijadikan media belajar bagi kalangan sekolah, perguruan tinggi terutama yang menyangkut studi lapangan dan penelitian.

    Tidak hanya itu saja, kebun plasma nutfah pisang ini selain sebagai tempat budidaya juga menjadi tempat wisata pendidikan yang sangat baik bagi masyarakat umum maupun siswa sekolah. Tempat ini jadi rujukan penelitian mahasiswa pertanian dan menjadi tempat kunjungan para siswa TK hingga SMA untuk mengenal aneka jenis pisang.

    wisata-edukasi-d-kebun-plasma-nutfah-pisang-jogja-kabartani

    Kebun plasma nutfah pisang diprakarsai oleh Pemkot Yogya yang kala itu memiliki konsep akan menghijaukan daerah kota. Melihat lahan yang memadai, Pemkot memiliki pemikiran untuk menghijaukannya.

    Kini keberadaan kebun plasma nutfah pisang telah menjadi aset nasional dengan koleksi pohon terlengkap lebih dari 346 kultivar pisang dari berbagai daerah di Indonesia dan mancanegara ada di sini.

    Simak juga Musa Ingens, Pohon Pisang Terbesar di Dunia Asli Papua

    Selain mengambil bibit pisang asli dari daerah-daerah juga diadakan suatu penyilangan antar pohon pisang yang dilakukan oleh pengelola kebun plasma nutfah pisang sehingga dapat menambah jumlah koleksi jenis pohon.

    Loading...

    BERI BALASAN

    Please enter your comment!
    Please enter your name here