Kementan dan Bulog Jamin Kelancaran Pasokan Beras Jelang Ramadhan dan Saat ...

    Kementan dan Bulog Jamin Kelancaran Pasokan Beras Jelang Ramadhan dan Saat Hari Raya Idul Fitri 2016

    0
    SHARE
    Kementan dan Bulog Jamin Kelancaran Pasokan Beras Jelang Ramadhan dan Saat Hari Raya Idul Fitri 2016 - Kabartani.com

    KABARTANI.com – Menjelang Ramadhan hingga perayaan Idul Fitri tahun ini, Pemerintah menjamin pasokan pangan tercukupi. Namun, upaya tersebut akan sia-sia jika stabilitas harga selama Puasa dan Lebaran tidak terkendali akibat ulah nakal para pengusaha yang memainkan harga di pasaran.

    Kementerian Pertanian (Kementan) dan Badan Urusan Logistik (Bulog) menjamin ketersediaan dan kelancaran pasokan beras menjelang bulan Ramadhan dan saat perayaan Hari Raya Idul Fitri 2016. Hingga saat ini, serapan gabah oleh Bulog mencapai sedikitnya 2 juta ton, dua kali lipat dari tahun lalu.

    Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, menjamin stok itu masih berpotensi terus bertambah, mengingat masih ada panen puncak selama Mei dan Juni nanti. Dengan demikian, bisa dipastikan tidak ada masalah dari sisi stok beras.

    Direktur Utama Bulog, Djarot Kusumayakti mengatakan, selain menjaga pasokan, Bulog juga menyiapkan beras yang berkualitas baik. Kualitas beras tentunya akan selalu dijaga apalagi Bulog melalaikan perbaikan pada beberapa gudang penyimpan berasnya.

    Seperti yang diketahui, perbaikan gudang-gudang Bulog atas instruksi Menteri BUMN yang mendapat keluhan dari masyarakat terkait dengan rendahnya kualitas beras untuk rakyat miskin (raskin) yang disediakan Bulog. Rini meminta agar Bulog tidak hanya melakukan perbaikan pada teknik penyimpanan tetapi pada penggunaan teknologi.

    Lebih lanjut, sambung Djarot, Bulog akan terus meningkatkan serapan gabah dari petani sehingga masih ada kemungkinan penambahan stok di Bulog. “Kami yakin, akan ada tambahan serapan untuk beberapa minggu ke depan hingga mencapai 2,5 juta ton,” terangnya.