Hortikultura Buah-Buahan Kenapa Buah Rasanya Hambar? Ini Tips Agar Buah Jadi Manis

Kenapa Buah Rasanya Hambar? Ini Tips Agar Buah Jadi Manis

0
Bagikan

Kabartani.com – Saat ini banyak sekali yang tanam buah-buahan didepan rumah atau pekarangan, selain sebagai tanaman penyejuk, juga suatu kesenangan tersendiri apabila halaman rumah nampak rimbunnya buah buahan. Namun banyak yang kecewa karena tanaman buahnya tidak semanis yang diharapkan.

Terkadang buah sampai rimbun dan tua, namun tidak laku alias tidak ada yang mau memetiknya karena rasanya yang tidak enak atau tidak manis. Sungguh sedih rasanya.

Ternyata ada beberapa sebab yang membuat buah tidak manis bahkan asam rasanya, antara lain:

1. Curah Hujan Tinggi

Curah hujan yang tinggi membuat buah mengandung banyak air sehingga rasa juga lebih hambar, disamping itu curah hujan tinggi membuat kondisi tanah menjadi asam sehingga membuat kondisi tanaman menurun.

2. Tidak Pernah Dipupuk

Sama halnya manusia yang selalu membutuhkan makanan yang lengkap untuk terus hidup dan produktif, begitu pula tumbuhan membutuhkan pupuk untuk memenuhi kebutuhannya untuk tumbuh dan memproduksi buah. Salah satu pupuk yang bisa digunakan untuk mendukung buah menjadi manis yaitu pupuk pemanis buah BrixUP.

3. Kondisi Lingkungan atau Ketinggian Daerah

Secara umum tanaman buah akan menjadi lebih manis apabila ditanam didaerah panas atau dataran rendah. Ini berlaku hampir disemua jenis buah buahan, oleh karena itu penghasil buah buah yang manis biasanya terkonsentrasi di daerah panas.

Namun dengan pengkondisian khusus, tanaman di daerah dingin juga bisa menghasilkan buah yang manis, seperti pemakaian Green House dan pemakaian Pupuk Pemanis Buah.

Jadi apabila anda memiliki tanaman buah manga, belimbing, buah tin, buah naga, durian atau buah yang lain yang rasanya hambar, masih ada cara untuk membuatnya lebih manis.

Berikut tips membuat buah menjadi lebih manis:

1. Silahkan cek pH tanah, apabila pH dibawah angka 4, maka sangat diperlukan proses pengapuran atau penaburan kaptan/dolomit pada tanah. Cek setelah 3 hari, apabila pH masih dibawah 4 maka perlu penambahan kaptan/dolomit.

2. Penyiraman dengan pupuk yang mendukung untuk membuat buah lebih manis, bisa digunakan Pupuk Pemanis Buah BriXUP, dan sejenisnya.

3. Apabila curah hujan tinggi, atur pola irigasi sehingga tanaman tidak tergenang air hujan, pemakaian mulsa plastik juga bisa menjadi solusi.

4. Usahakan tanah dibawah pohon lebih tinggi daripada tinggi tanah secara umum, hal ini untuk menjaga PH tanah. Selamat mencoba.

Simak juga: Mengetahui Ciri Buah Semangka yang Memiliki Rasa Manis

Loading...

BERI BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here