Khasiat dan Manfaat Biji Anggur Bagi Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Biji Anggur Bagi Kesehatan

Siapa sangka biji anggur ternyata menyimpan banyak kandungan yang mampu menjaga kesehatan tubuh.

1
SHARE
Khasiat Biji Anggur - Kabartani.com

KABARTANI.COM – Anggur yang merupakan tanaman buah yang berupa perdu merambat yang termasuk ke dalam keluarga Vitaceae, siapa sangka menyimpan banyak kandungan yang mampu menjaga kesehatan tubuh. Terutama untuk mencegah munculnya penyakit berbahaya, selain itu juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan.

Lalu apa saja manfaat dan khasiat biji anggur ini bagi kesehatan? diantaranya yaitu:

1. Menangkal Radikal Bebas
Dr. Masquelier, seorang peniliti yang berasal dari Perancis, telah berhasil menemukan zat anti kanker yakni Proanthocyanidins dalam biji-biji anggur. Menurutnya, zat Proanthocyanidins ini bisa menangkal radikal bebas, karena memiliki kandungan 20 kali lipat vitamin C dan 50 kali lipat vitamin E. Ekstrak biji anggur juga diyakini lebih aman dibanding suplemen anti oksidan vitamin A dan E karena terlarut dalam air.

2. Anti Kanker
Seperti yang dikutip dalam The Times of India, ekstrak dari biji anggur mampu mencegah sel kanker untuk berkembang biak. Rajesh Agarwal, PhD, salah satu peneliti di University of Colorado Cancer Center sekaligus profesor di Skaggs School of Pharmaceutical Sciences, mengatakan bahwa ekstrak biji anggur memiliki kelebihan dalam membunuh sel-sel kanker tanpa membunuh sel yang sehat.

Khasiat lain dari biji anggur yaitu sebagai lini kedua dalam pengobatan kanker leher dan kepala, meski demikian Agarwal berharap agar temuan ini lebih di kembangkan dalam pengujian secara klinis.

3. Mencegah Stroke
Menurut penelitian, biji anggur memiliki kandungan mineral, seng (Zn) dan mangan (Mn) yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Biji anggur mengandung endungeoned pycnogenol, yaitu zat penguat kologen yang bisa menjaga kelenturan pembuluh darah kita. Kelenturan pembuluh darah ini sangat penting karena untuk mencegah gejala stroke.

4. Melembabkan Kulit Wajah
Dibidang kecantikan, biji anggur juga sudah diolah menjadi extract yang mampu menjaga kelembaban kulit dan memperkuat lapisan kulit terluar. Fungsi ini sama seperti ekstrak dari kenari dan bunga lupin yang memiliki omega 3, 6, dan 9 serta mengandung vitamin yang bisa melembapkan, meningkatkan sirkulasi darah, dan memberi nutrisi pada kulit dari dalam.

5. Mencegah Kanker Payudara
Berdasarkan penelitian dari Shiuan Chen PhD seorang tokoh terkenal dari Beckman Research Institute, menyatakan bahwa biji anggur mengandung senyawa tertentu yang bisa menekan aktifitas hormon estrogen yang berlebihan, karena hormon estrogen yang berlebihan dapat memicu kanker payudara. Hal ini terkait dengan kandungan grape seed proanthocyanidins / GSPs yang memang diketahui ampuh menghambat kerja estrogen.

6. Meningkatkan Libido Pada Pria
Gairah seks yang menurun biasa disebabkan oleh nutrisi yang tidak seimbang. Biji anggur yang mengandung sejumlah mineral terbukti mampu meningkatkan kualitas seks pada pria. Hal ini sejalan dengan penelitian dari Dr. Febri dari Universitas Muhammadiyah Malang. Selain itu, ia juga menyatakan bahwa biji anggur juga sangat baik membantu peradangan prostat pada pria.

Banyak di antara kita mungkin mempunyai kekhawatiran jika mengkonsumsi biji anggur ini akan menyebabkan usus buntu sama sepeti jika kita mengkonsumsi biji cabe. Namun hal ini tak menjadi masalah, karena biji anggur tidak sekeras biji cabe, sehingga masih aman untuk dikonsumsi apalagi jika melihat besarnya manfaat bagi tubuh kita.

Tapi alangkah baiknya untuk menghilangkan kekhawatiran ini, sebaiknya kunyahlah sampai halus sebelum ditelan. Atau anda bisa mengonsumsinya dengan cara diseduh, dengan mengeringkan biji anggur terlebih dahulu, lalu ditumbuk sampai benar-benar halus, baru kemudian diseduh dengan seperempat gelas air hangat seperti menyeduh kopi atau teh.

Walaupun biji anggur ini memiliki banyak manfaat, namun Anda tetap dilarang mengkonsumsinya terlalu berlebihan, sebab akan membuat Anda sering buang air kecil. Hal ini sebenarnya tidak berbahaya, hanya saja akan membuat anda kerepotan.

Selain itu, jauh lebih baik jika Anda menghaluskan biji anggur dan campurkan dengan buah lainnya agar lebih berkhasiat. Pilih buah anggur dengan warna yang gelap sebab kualitas bijinya dua kali lipat lebih baik. Jika Anda tidak ingin direpotkan kegiatan memilih biji anggur, tak ada salahnya membeli langsung kapsul ekstrak biji anggur atau minyak biji anggur.