Khasiat dan Manfaat Pohon Mimba Untuk Pertanian dan Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Pohon Mimba Untuk Pertanian dan Kesehatan

0
SHARE

KabarTani.com – Pohon Mimba (Azadirachta indica) adalah pohon yang banyak dijumpai di India maupun didaerah yang beriklim kering lainnya. Di Indonesia, pohon mimba banyak tumbuh baik di NTB dan NTT. Pohon mimba memeliki berbagai khasiat dan manfaat untuk pertanian dan kesehatan serta dapat diintegrasikan dalam sistem agroforestri.

Simak juga Membasmi Hama Belalang dengan Bio Pestisida (Ekstrak Akar Tuba dan Daun Mimba)

Daun mimba dapat dimanfaatkan sebagai pupuk hijau, pestisida alami dan insektisida. Pestisida alami yang terbuat dari daun mimba merupakan alternatif pestisida kimia bagi petani.

Mimba dalam sistem Agroforestri

Pohon Mimba dapat digunakan sebagai pohon perdu yang memberikan perlindungan bagi hewan ternak seperti kambing, sapi, rusa dll. Pohon mimba memproduksi bahan organik yang bisa kita manfaatkan sebagai pupuk organik, pakan ternak, kayu bakar dan cocok sebagai tanaman pagar, serta penahan angin. Kayunya yang keras dan anti rayap.

pohon-mimba-kabartani

Dalam sistem agroforestri, pohon Mimba sangat cocok ditanam di kebun, bisa dikombinasikan bersama pohon-pohon lain. Tetapi karena pohonnya yang rindang, maka tidak cocok untuk ditanam bersamaan dengan tanaman pangan atau hortikultura semusim.

Pupuk organik

Pupuk organik dari daun dan biji pohon Mimba mengandung unsur hara yang penting bagi tanaman.

1 kg biji mimba mengandung:

  • Nitrogen 35,6 gr (Urea 460 gr N)
  • Fosfor 8.3 gr
  • Kalium 16,7 gr
  • Calcium 7.7 gr
  • Magnesium 7.5 gr

Dibandingkan dengan pupuk kimia, seperti Urea, KCl dan TSP, kandungan unsur hara dalam biji mimba memang lebih rendah. Kandungan unsur N di dalam biji mimba misalnya, hanya 1/13 dari kandungan N di dalam pupuk urea.

Ini berarti, jika tanah memerlukan 100 kg N/ha, maka jika memakai biji mimba akan diperlukan sekitar 1000/35,6 * 100 kg = 2800 kg atau 2,8 ton/ha; suatu jumlah yang sangat banyak.

Namun, daunnya dapat pula digunakan sebagai pupuk hijau untuk memperbaiki struktur tanah. Karena itu, jika tersedia, pemanfaatan pohon mimba sangat dianjurkan. Dengan penambahan bahan organik, unsur hara akan lebih lama tersedia untuk tanaman.

Jika pupuk Urea dicampur dengan biji mimba (dengan perbandingan 90:10), penggunaan urea akan lebih efisien.

Mimba sebagai pestisida organik

Kandungan zat Azadirachtin pada biji dan daun pohon Mimba menjadikannya memiliki rasa yang sangat pahit. Zat tersebut, efektif sebagai pestisida dan insektisida. Zat Azadirachtin tidak langsung mematikan serangga, namun memodifikasi cara kehidupan dan nafsu makannya, sehingga lama-kelamaan serangga bisa tidak aktif lagi.

ragam-manfaat-daun-mimba-kabartani

Serangga yang memakan daun-daun yang disemprot dengan insektisida daun atau biji Mimba akan terpengaruh oleh zat Azadirachtin, tapi serangga yang menyerbukkan bunga, yaitu yang menghisap nektar (cairan sari bunga), seperti lebah, kumbang, dll tidak akan terpengaruh oleh zat Azadirachtin tersebut.

Produk Mimba juga dapat digunakan sebagai bahan anti nyamuk, obat cacing untuk ternak, dan mencegah hama pada makanan selama penyimpanan.

Produk-produk pohon Mimba

1. Kue Biji mimba

biji-mimba-kabartaniCara penggunaan biji mimba yaitu dengan cara ditumbuk terlebih dahulu hingga halus. Hasil tumbukan biji mimba inilah yang biasa disebut Kue Biji Mimba digunakan sebagai pupuk hijau berisi Nitrogen, Pospor dan Kalium dan Azadirachtin untuk mengendalikan hama.

2. Pestisida dari biji Mimba

  • Tumbuk halus biji mimba
  • Bungkus dengan kain 100 gram tumbukan biji Mimba dan rendam dalam air selama satu malam
  • Saring supaya ekstraknya keluar
  • Campur dengan air sehingga jumlah air menjadi 1 liter.
  • Tambahkan 1 ml sabun
  • Larutan siap untuk disemprotkan ke daun berbagai jenis tanaman yang diserang serangga.

3. Minyak mimba

Minyak mimba (ekstrak dari biji) juga bisa digunakan sebagai bahan insektisida dengan cara pembuatannya sebagai berikut:

  • Campur 30 ml minyak mimba dengan 1 liter air.
  • Tambahkan 1 ml sabun agar minyak mimba dapat bercampur dengan air. Sabun berfungsi untuk menempelkan insektisida kepada daun tanaman.
  • Untuk satu ha tanaman diperlukan kurang lebih 60 liter insektisida mimba.

minyak-mimba-kabartaniUntuk obat nyamuk, campurkan 2% minyak mimba dengan minyak kelapa dan oleskan pada kulit. Atau 1% minyak mimba dicampur dengan minyak tanah dan dipakai sebagai bahan bakar untuk lampu, asapnya akan menghalau nyamuk seperti obat nyamuk bakar.

Cara mengekstrak biji Mimba

  • Kulit biji dikupas dan dipisahkan dari biji. Kulitnya bisa digunakan sebagai pupuk
  • Biji ditumbuk halus, usahakan kandungan minyaknya tidak boleh keluar!
  • Biji yang sudah ditumbuk dikumpulkan pada kain yang halus dan direndam dalam air selama satu malam.
  • Kain yang berisi tumbukan biji mimba lalu diperas supaya ekstraknya keluar.
  • Untuk 100 gram biji ekstrak dicampur dengan 1 liter air dan 1 ml sabun,
  • Siap untuk disemprotkan ke daun sebagai insektisida.

Biji mimba yang paling baik untuk membuat ekstrak biji mimba yaitu yang sudah berumur 3-8 bulan, karena pada masa tersebut kandungan zat Azadirachtin paling tinggi.

Cara mengekstrak daun mimba

Untuk membuat 5 liter insektisida, diperlukan 1 kg daun mimba. Rendam di dalam air selama 1 malam. Saring seperti ketika membuat ekstrak biji mimba.

rendaman-daun-mimba-kabartani

Ekstrak ini dicampur dengan sabun (1 ml untuk 1 liter air) dan siap untuk disemprotkan pada daun-daun tanaman sebagai insektisida (ulat, belalang). Karena untuk 1 ha diperlukan sekitar 80 kg daun, insektisida alami ini sangat cocok digunakan di pekarangan maupun kebun bibit yang tidak luas.

Mimba untuk obat cacing ternak

Daun-daun Mimba dicampur dengan hijauan pakan ternak dapat diberikan kepada ternak sebagai obat cacing dengan bahan aktif Azadirachtin.

Mimba untuk obat penyakit manusia

Anti diare, minum 3 kali sehari 1 sendok ekstrak (semacam teh) mimba dengan gula.

Penyakit Pernafasan, 1 gram bubuk daun kering diminum dengan madu.

Penyakit kulit (luka bakar, infeksi, bintik-bintik putih), 10 tetes minyak mimba dicampur dengan satu sendok gula, dioleskan 2 kali sehari pada bagian yang sakit.

Gigi, Sikat gigi dengan ranting mimba.

Malaria, Mimba mengandung ’gedunin’ yang sama efektif dengan kinine untuk mengobati malaria.

Simak juga Cara Menanam Mimba, Tanaman Kaya Manfaat Untuk Pertanian dan Kesehatan

Itulah informasin mengenai Khasiat dan Manfaat Pohon Mimba Untuk Pertanian dan Kesehatan, semoga informasi ini bermanfaat bagi sobat tani sekalian. Terima kasih.