Khasiat Daun Kemangi Untuk Kesehatan

Khasiat Daun Kemangi Untuk Kesehatan

0
SHARE

KABARTANI.COM-Manfaat Daun Kemangi untuk kesehatan
sudah tak asing lagi dengan daun kemangi, tanaman kemangi yang mudah kita jumpai dikebun, pekarangan, dan dipersawahan.

Kebanyakan daun kemangi banyak dikonsumsi sebagai lalapan, seperti lalapan pecel lele, ayam bakar, dan masih banyak yang lainnya. ciri khas dari daun kemangi adalah baunya yang wangi,

selain itu daun kemangi juga dapat menghilangkan bau amis caranya cukup diremas-remas pada daging yang akan dimasak. jika tangan anda bau amis daun kemangi juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau amis tersebut, caranya ambil beberapa daun kemangi masukan daun kemangi tersebut ke air kobokan sambil diremas-remas maka bau amis yang ada ditangan anda akan hilang. pada sebagian orang ada yang tidak suka dengan daun kemangi karena rasanya yang getir.

Dibalik bau yang wangi dan rasanya yang getir ternyata daun kemangi banyak mengandung gizi yang baik untuk kesehatan, dan banyak pula yang menggunakan daun kemangi sebagai obat.

Ekstrak minyak daun kemangi memiliki sifat antioksidan dan antibakteri,vitamin K, berdasarkan penelitian para ahli gizi disetiap 2 sendok makan kemangi cincang segar menyediakan 27 % dari rekomendasi vitamin K, serta vitamin A, Mangan, dan Magnesium.

Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan

1. Mencegah Rambut Rontok

Pasta dari daun kemangi yang ditambahkan ke minyak rambut dan diterapkan pada kulit kepala akan menjaga kulit kepala tetap dingin, mengurangi gatal dan meningkatkan pertumbuhan rambut dengan meningkatkan sirkulasi kulit kepala.

2. Mencegah Rambut Cepat Beruban

Caranya rendam daun kemangi kering bubuk dan bubuk amla dalam air semalaman dan cuci rambut dengan ramuan ini keesokan harinya. Hal ini untuk mencegah rambut beruban serta mencegah rambut rontok.

3. Dapat Mengobati Infeksi Pada Kulit

Daun kemangi dapat membatasi pertumbuhan bakteri seperti E coli dan B anthracis yang menyebabkan infeksi kulit. caranya giling dan rebus 200-250 gram daun kemangi dengan kuantitas yang sama dari minyak biji wijen kemudian terapkan pada kulit yang mengalami infeksi dengan cara dioleskan pada bagian kulit yang infeksi.

4. Dapat Mencegah Komedo

Caranya pada bagian atas daun kemangi ditempelkan pada sisi hidung selama 5 menit, setelah itu lepas dan cuci muka

5. Dapat Mencegah Jerawat

Daun kemangi mengandung zat anti bakteri dan anti jamur sehingga dapat diterapkan sebagai pasta dari daun untuk mencegah peradangan dengan ini daun kemangi dapat mencegah timbulnya jerawat karena sifatnya memurnikan darah dengan membuang racun.

6. Sumber Vitamin K

Daun Kemangi sebagai sumber vitamin K, yang sangat penting dalam darah dan berperan penting dalam fungsi tulang seperti penguatan tulang dan membantu proses mineralisasi pada tulang

7. Sebagai sumber zat besi

Daun kemangi merupakan sumber yang sangat baik dari zat besi, yakni sekitar 3.17 mg / 100 g daun segar (sekitar 26% dari RDA). Zat besi, menjadi komponen dari hemoglobin di dalam sel darah merah, yang menentukan kapasitas pembawa oksigen dalam darah.

8. Sebagai Sumber Mineral

Daun kemangi mengandung sejumlah mineral seperti kalium, mangan, tembaga, dan magnesium. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh, yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Mangan digunakan oleh tubuh sebagai co faktor untuk enzim antioksidan, superoksida dismutase.

9. Sebagai sumber vitamin A

Vitamin A banyak bermanfaat untuk kesehatan Mata, selain itu juga berfungsi sebagai anti oksidan mencegah radikal bebas dan anti kanker

10. Melindungi dari serangan penyakit pada orang tua

Karena daun kemangi mengandung antioksidan zea xanthin. yang dapat melindungi dan mencegah penyakit yang menyerang pada orang tua.

11. Mencegah penuaan dini

Karena daun kemangi banyak mengandung senyawa seperti beta karoten, vitamin A, cryptoxanthin, lutein dan zea xanthin. Senyawa ini membantu tubuh untuk bertindak melindungi terhadap radikal bebas yang diturunkan oksigen dan spesies oksigen reaktif (ROS) yang berperan dalam penuaan dan berbagai proses penyakit.

12. Sebagai sumber anti Kolesterol

karena daun kemangi sebagai sumber yang sangat kaya banyak nutrisi penting, mineral, dan vitamin yang diperlukan untuk kesehatan yang optimal.

13. Sebagai anti Inflamasi dan anti bakteri

Karena Daun kemangi mengandung minyak esensial seperti eugenol, sitronelol, linalool, citral, limonene dan terpineol. Senyawa ini diketahui memiliki sifat anti inflamasi dan anti bakteri.

14. Sebagai sumber zat flavonoid polifenol

Daun kemangi mengandung banyak flavonoid polifenol seperti orientin dan vicenin. senyawa ini berperan sebagai perlindungan anti oksidan dalam melawan lipid radiasi oksidasi dalam hati

Masih banyak lagi khasiat daun kemangi untuk kesehatan, semoga yang sedikit ini dapat menambah manfaat dan pengetahuan untuk kita semua.