Khasiat Tanaman Binahong Bagi Kesehatan

Khasiat Tanaman Binahong Bagi Kesehatan

2
SHARE

KABARTANI.COM – Di Indonesia, tanaman binahong mungkin belum terlalu dikenal, tapi sebenarnya tanaman ini juga sudah lama ada di Indonesia. Tanaman Binahong (bahasa Latin: Bassela rubra linn, bahasa Inggris: Heartleaf maderavine madevine, bahasa Tionghoa: Deng san chi) merupakan jenis tanaman herbal yang bisa tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi.

Tanaman Binahong konon berasal dari Korea, dan banyak dikomsumsi oleh penduduk Vietnam pada saat terjadi perang melawan Amerika Serikat pada tahun 1950 hingga 1970-an. Tanaman Binahong biasanya tumbuh menjalar dan penjalarannya bisa mencapai 5 meter. Batangnya lunak berbentuk silindris, berdaun tunggal dan memiliki tangkai pendek. Daun Binahong memiliki panjang 5 – 10 cm dan lebar 3 – 7 cm.

manfaat daun binahong untuk kesehatan

Seluruh bagian dari tanaman binahong ini dapat dimanfaatkan. Berdasarkan penelitian, daun Binahong mengandung senyawa aktif flavonoid, saponin, dan terpenoid. Flavonoid ini berfungsi sebagai antibiotik dengan mengganggu fungsi mikroorganisme berupa bakteri dan virus. Senyawa terpenoid membantu tubuh dalam proses sintesa organik dan pemulihan sel-sel tubuh..

Berikut adalah beberapa khasiat dari tanaman ini:

  • Menghilangkan jerawat pada wajah dengan pemakaian seperti masker
  • Menurunkan panas tinggi pada bayi, Jika bayi Anda sedang panas tinggi, anda bisa membuat ramuan dengan menumbuk halus daun binahong lalu mengoleskan ke seluruh tubuh.
  • Mengobati memar, pegal-pegal, gatal-gatal, luka bakar, rematik, pegel linu, dan nyeri urat. Caranya dengan menumbuk daun dan batang sampai halus kemudian mengoleskannya pada bagian yang sakit.
  • Mengobati sakit gigi, Umbi binahong atau akarnya, dapat anda gunakan untuk mengobati sakit gigi, dengan cara meneteskan air hasil perasan umbi atau akar binahong.
  • Pemulihan Luka usai operasi dan khitan, Sebagai obat luar, Anda dapat mengoleskan daun binahong pada bagian tubuh akibat operasi. Misalnya akibat melahirkan dan khitan.
  • Menyembuhkan luka bekas operasi, maag, dan tifus, Untuk menambah stamina, Anda dapat menggunakan umbi binahong secukupnya. Kemudian dicuci bersih, direbus, dan disaring airnya. Diminum 2 – 3 kali setiap hari.
  • Mencegah dan mengatasi kanker, diabetes, kolesterol, Caranya dengan mengambil 30 gram daun binahong kering, kemudian merebusnya dalam 1 liter air. Didihkan hingga tersisa 600 ml air. Air rebusan tersebut diminum 3 kali sehari, dengan ukuran masing-masing sebanyak 200 ml.
  • Menyembuhkan disentri dan mencegah stroke, asam urat, dan sakit pinggang, caranya dengan mengambil umbi binahong sebanyak 3 potong, dicuci bersih, direbus dengan 5 gelas air, dan disaring. Hasilnya diminum 2 hingga 3 sehari.
  • Menjaga vitalitas tubuh, Untuk menjaga vitalitas dan kebugaran tubuh, rebus umbi binahong dengan 5 gelas air. Kemudian disaring. Jika Anda akan meminumnya, bisa anda tambahkan telur dan madu.

Informasi tananam herbal lainnya

Daun binahong secara nyata sudah terbukti memiliki khasiat yang luar biasa , dan bisa anda manfaatkan sepenuhnya untuk menjaga kesehatan anda. Bagi anda yang sudah mengetahui begitu besar manfaat daun binahong dan bagian lainnya, mulailah menanam binahong di pekarangan rumah Anda.

Itulah informasi Khasiat Tanaman Binahong Bagi Kesehatan, semoga bermanfaat bagi sobat tani sekalian. Terima kasih.