Sarana & Prasarana Pupuk & Pestisida Kompos Jerami Penyedian Hara dan Bahan Organik Tanah

Kompos Jerami Penyedian Hara dan Bahan Organik Tanah

0
Bagikan

Kabartani.com – Limbah Pertanian berupa jerami padi merupakan potensi bahan baku lokal yang dapat diolah menjadi pupuk organik dan kompos. Pada saat panen limbah ini sangat berlimpah dan belum dimanfaatkan secara optimal.

Potensi jerami yang sangat besar ini sebagian besar masih disia-siakan oleh petani. Sebagian besar jerami hanya dibakar menjadi abu daripada memanfaatkannya kembali sebagai pupuk organik melalui cara pengomposan.

Simak juga Pemanfaatan Jerami Untuk Memperbaiki Sifat fisik, Kimia dan Biologi Tanah

Pemanfaatan jerami dalam kaitannya untuk menyediakan hara dan bahan organik tanah adalah merombaknya menjadi kompos. Rendemen kompos yang dibuat dari jerami kurang lebih 60% dari bobot awal jerami, sehingga kompos jerami yang bisa dihasilkan dalam satu ha lahan sawah adalah sebesar 4,11 ton/ha.

Hasil pengujian kompos jerami di laboratorium BPTP Kaltim adalah sebagai berikut:

  • Ph : 6,86
  • Kadar Air : 35,83 %
  • C : 35,83 %
  • N : 1,57 %
  • P : 0,02 %
  • Pe : 4,04 ppm
  • Zn : 0,09 ppm
  • KTK : 6,62 cmol /kg

Dari data analisa diatas, kompos jerami memiliki kandungan hara setara dengan 41,2 kg Urea dan 4,5 kg SP36 per ton kompos. Jumlah hara ini kurang lebih dapat memenuhi lebih dari setengah kebutuhan pupuk kimia petani.

Secara alami proses pengomposan jerami akan berlangsung dengan sendirinya apabila kondisinya ideal seperti kadar air yang cukup (kurang lebih 60%) dan aerasi yang lancar.

Proses alam pengomposan jerami kurang lebih dua hingga tiga bulan. Untuk mempercepat proses pengomposan jerami dapat ditambahkan aktivator pengomposan Penambahan aktivator pengomposan dapat mengurangi lama pengomposan hingga tiga sampai empat minggu.

Manfaat kompos jerami tidak hanya dilihat dari sisi kandungan hara saja Kompos juga memiliki kandungan C organik yang tinggi.
Penambahan kompos jerami akan menambah kandungan bahan organik tanah. Pemakaian kompos jerami yang konsisten dalam jangka panjang akan dapat menaikkan kandungan bahan organik tanah dan mengembalikan kesuburan tanah.

Cara Aplikasi:

  1. Untuk 1 ton limbah tanaman diperlukan 2 kg Organisme Perombak Limbah Pertanian.
  2. Limbah tanaman ditumpuk setinggi ± 20 cm, dibasahi dengan air sampai lembab (jangan terlalu basah) dan ditaburi dengan Organisme Perombak Limbah Pertanian.
  3. Ditumpuk kembali dengan bahan tanaman, dibasahi dan ditaburi lagi dengan Perombak Limbah Pertanian.
  4. Ulangi no.2-3, sampai tumpukan limbah tanaman tersebut mencapai ±1 m.
  5. Kompos dibalik setiap 1 minggu sekali dan dibasahi kembali sampai lembab.
  6. Setelah 4 minggu, kompos siap digunakan

Simak juga Membuat Amofer Jerami Untuk Meningkatkan Kualitas Gizi Jerami

Loading...

BERI BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here