Langkah Dalam Budidaya Kacang Tanah Agar dapat panen dengan hasil yang melimpah

Langkah Dalam Budidaya Kacang Tanah Agar dapat panen dengan hasil yang melimpah

0
Bagikan

KABARTANI.COM – Langkah Dalam Budidaya Kacang Tanah Agar dapat panen dengan hasil yang melimpah, Kacang tanah adalah tanaman yang memiliki  nama latin Arachis Hypogaea, dimana kacang tanah akan tumbuh ideal pada ketinggian 50 – 500 meter dari permukaan laut. tetapi pada ketinggian 1500 meter kacang tanah masih bisa beradaptasi, kacang tanah cocok ditanam pada daerah yang memiliki curah hujan sedang.

Sebaliknya jangan tanam kacang tanah pada daerah yang memiliki curah hujan yang tinggi karena dapat menyebabkan bunga sulit diserbuki dan zona perakaran yang terlalu lembab akan berpengaruh terhadap kesuburan jamur dan penyakit yang menyerang.

Ketika tanaman kacang tanah mengalami perkembangan daun dan pembesaran buah berikan sinar matahari yang cukup, selain itu tanamlah kacang tanah pada tanah yang gembur yang kaya kandungan unsur hara kalsium (Ca), Pospat (P), Kalium (K), Nitrogen (N) yang cukup.

Berikut hal yang harus diperhatikan ketika budidaya kacang tanah

PEMILIHAN BENIH KACANG TANAH

Dalam pemilihan benih kacang tanah ada hal yang perlu diperhatikan diantaranya adalah sebagai berikut :

– Ambil benih kacang tanah dari kacang tanah yang sudah tua yang sudah berumur 100 hari

– Ambil benih yang memiliki warna cangkang agak kehitaman dan bila dibuka tidak memiliki selaput pada bagian dalam cangkang

– Setelah kacang dipanen, yang akan digunakan sebagai benih alangkah baiknya jika kacang di jemur sampai kering

– Selama masa penyimpanan alangkah baiknya jika kulit atau cangkangnya tidak dikupas

– cangkang atau kulit dibuka ketika benih akan digunakan

– Pilihlah benih yang baru dan berkualitas baik

MELAKUKAN PENGOLAHAN TANAH

Setelah kita dapatkan benih kacang tanah selanjutnya adalah melakukan pengolahan lahan, dalam mengolah lahan perlu diingat jika kacang tanah biasanya akan tumbuh dengan baik dan subur jika ditanam pada tanah yang sudah digemburkan, tanah yang sudah diolah kemudian ditaburi dengan kapur sebanyak 2 ton tiap 1 hektarnya, campur kapur secara merata dan diamkan selama 2 hari.

Kita bisa menggunakan pupuk kandang atau pupuk kompos sebagai pupuk dasarnya, jika kita punya campuran pupuk kandang dari kotoran ayam dengan kotoran kambing atau sapi, kemudian campurkan secara merata.

Lahan untuk tanam kacang tanah jika mudah terkena banjir maka alangkah baiknya jika di buat drainase Penanaman kacang tanah dilakukan dengan cara ditugal dengan jarak tanam 25×25 cm. kemudian isi tiap lubang dengan 1 benih kacang tanah, dalam luas tanah 1 hektar diperlukan 50 kg benih, setelah benih kacang tanah ditanam maka lakukan penyiraman pada pagi dan sore hari, kemudian kacang tanah akan berkecambah pada hari yang ke 4 – 7 hari.

MELAKUKAN PEMELIHARAAN TANAMAN

Setelah 1 minggu dari masa tanam kacang tanah akan tumbuh serempak dan mulai berbunga pada umur 20 hari sampai dengan 75 hari, bunga yang keluar dan bertahan lebih diatas umur 30 hari biasanya yang akan menjadi polong.

biasanya tanaman kacang tanah yang sudah terjadi penyerbukan dan pembuahan, selanjutnya akan tumbuh ginofor atau bakal buah pada hari ke 3 sampai ke-4 ginofor ini nantinya yang akan menuju dan menembus tanah dan membentuk polong

Pemeliharaan yang dilakukan pada saat tanaman kacang tanah mulai berbunga diantara melakukan pemupukan, untuk penyiangan lakukan penyiangan dengan hati-hati jangan sampai mengenai ginofor yang akan menjadi polong.

selain melakukan penyiangan lakukan pembubunan tanah sehingga dapat menutupi akar, batang dan daun bagian bawahnya. karena hal tersebut bertujuan untuk memperbanyak biji.

Untuk hama yang biasanya menyerang tanaman kacang tanah diantaranya uret, ulat penggulung daun, ulat grapyak, dan ulat jengkal.

sedang untuk jenis penyakit yang sering menyerang tanaman kacang tanah diantaranya sapu setan, bercak daun, gapong, sklerotium, dan penyakit karat.

Adapun langkah untuk pengendalian hama pada tanaman kacang tanah adalah sebagai berikut

  • Dengan melakukan olah tanah dengan baik
  • melakukan tanam dengan serempak
  • penggunaan pupuk kandang yang sudah matang
  • melakukan pergiliran tanaman
  • pembersihan gulma

Adapun untuk pengendalian penyakit yang menyerang budidaya kacang tanah adalah dengan cara Mencabut tanaman kacang tanah yang sudah terkena penyakit buang dan musnahkan, lakukan sanitasi lingkungan dan menanam varietas tanaman yang tahan penyakit

LANGKAH PEMANENAN

Kacang tanah dipanen pada umur 90 hari setelah tanam. yang menjadi ciri-ciri kacang tanah siap dipanen antara lain

– Batangnya mengeras

– Daun mulai menguning serta berguguran

– lakukan pengambilan sampling apakah biji sudah terisi penuh atau belum penyiangan secara insentif

Loading...

TIDAK ADA KOMENTAR

BERI BALASAN