Langkah Pemberian Pakan Pada Benih Ikan Gabus

Langkah Pemberian Pakan Pada Benih Ikan Gabus

0
SHARE

Kabartani.com-Setelah kita melakukan Langkah Persiapan Kolam, dan penebaran benih ikan, maka langkah selanjutnya adalah pemberian makan yang teratur.

Dalam pemberian pakan ikan gabus kita harus teratur tiga kali sehari mulai dari pagi hari, siang hari, dan sore hari. kita jangan sampai telat dalam memberikan pakan ikan gabus ini, diarenakan sifat dari ikan gabus  adalah kanibal. Dan apabila ikan gabus tersebut telat makan, maka ikan tersebut akan memakan kawannya yang ukuranya lebih kecil.

Pada setiap bulannya kita pun juga harus melakukan penyortiran, dan kita  harus menyiapkan kolam cadangan sebagai tempat untuk menampung sortiran ikan gabus tersebut. tujuan dari penyortiran ini adalah untuk menambah kualitas ikan yang maksimal dan hasil yang memuaskan.

Untuk pemberian makannya, berilah pakan pellet.

Kabartani.com-pellet-ikan-gabus

Dikarenakan pellet mengandung protein sebanyak 15 %, lemak sebanyak 15 %, dan karbohidrat 10 %, dan juga berikan makanan tambahan seperti ikan teri, sisa daging ampas dapur, dan anakan rayap.

Selain itu kita juga bisa membuatkan pellet buatan dengan bahan – bahan sebagai berikut  ikan teri sebanyak 20 %, ampas tahu sebanyak 10 %, dedek sebanyak 50 %, dan tambahkan jagung 10 %. Untuk cara membuatnya, semua bahan tersebut direbus terlebih dahulu, kemudian setelah direbus semua bahan tersebut di giling menjadi satu, setelah digiling jemurlah pellet buatan tersebut sampai kering, setelah kering pellet buatan ini siap untuk pakan ikan gabus tersebut.

Demikianlah sedikit gambaran tentang langkah pemberian pakan pada ikan gabus, semoga dapat bermanfaat.