Langkah Pemeliharaan Dan Pembesaran Dalam Budidaya Ikan Nila

Langkah Pemeliharaan Dan Pembesaran Dalam Budidaya Ikan Nila

0
SHARE

Kabartani.com-Setelah benih ikan nila ditebar dikolam langkah selanjutnya adalah langkah pembesaran mulai dari pemeliharaan, pengairan, pemberian pakan, dan pengendalian terhadap hama
penyakit.

– Pemberian Pakan

Dalam Budidaya ikan nila, pengelolan pakan merupakan hal yang sangat penting, dalam satu harinya ikan nila membutuhkan pakan sebanyak 3 % dari bobot tubuhnya. untuk pemberian
pakan bisa kita lakukan pada pagi dan sore hari.

Dalam waktu dua minggu sekali kita harus mengambil contoh ikan nila dengan acak kemudian kita timbang bobotnya hal ini bertujuan untuk menyesuaikan jumlah pemberian pakannya.

Dalam budidaya ikan nila faktor biaya merupakan hal yang terpenting, dengan biaya yang cukup, maka kita dapt memenuhi kebutuhan pakan perharinya, pakan ikan nila dapat berupa pelet dengan kadar protein sebesar 20 – 30 %.

– Pengairan

selain pemberian pakan yang teratur, dalam budidaya ikan nila. Faktor Pengairan merupakan hal terpenting, karena dengan kualitas air kolam yang baik, maka akan mempengaruhi pertumbuhan ikan nila secara maksimal.

parameter penentu kualitas air adalah kandungan oksigen dan
PH air, apabila air di kolam sudah kelihatan kotor dan menimbulkan bau busuk, maka segeralah ganti air dengan yang baru.

– Pengendalian hama dan Penyakit

Ikan nila dalam kondisi normal pada dasarnya merupakan ikan yang kebal terhadap hama dan penyakit, sebenarnya penyakit pada ikan nila tidak terlalu mengkawatirkan, tetapi kalo budidaya ikan nila ini dalam jumlah besar maka resiko serangan penyakitpun juga harus diwaspadai. karena hal tersebut yang dapat mempengaruhi keberhasilan dalam budidaya ikan nila.

Demikianlah Langkah Pemeliharaan dan Pembesaran Dalam Budidaya ikan nila, selamat mencoba semoga berhasil dan sukses.