Langkah Pemilihan Indukan Ikan Nila

Langkah Pemilihan Indukan Ikan Nila

0
SHARE

Kabartani.com-Langkah Pembenihan Ikan Nila, setelah kita menyiapkan tempat untuk budidaya ikan nila, maka langkah selanjutnya adalah pembenihan, untuk hal ini berkaitan dengan indukan ikan nila, baik induk jantan maupun induk betina.

Untuk pembenihan ikan nila ini sebaiknya kita ambil indukan dengan galur murni dan secara genetis memiliki sifat – sifat unggul. pada saat ini indukan nila yang dibudidaya masyarakat
kebanyakan sudah mengalami penurunan kualitas.

Maka dari itu kita harus berusaha mendapatkan indukan ikan nila dengan kualitas unggul, untuk mendapatkan kualitas indukan tersebut sebaiknya kita cari di Balai – balai perikanan atau dapat juga di BBPBAT.

Untuk mendapatkan indukan ikan nila yang matang gonad atau sudah siap memijah pastinya dengan harga yang relatif mahal. sebenarnya dari pada kita mengeluarkan banyak uang, kita sendiri pun bisa menyiapkan calon indukan sejak kecil hingga ikan tumbuh dan siap untuk dipijahkan.

kabartani.com-indukan-jantan-betina

Mengenai calon indukan yang baik adalah sebagai berikut
– Kondisinya sehat dengan bentuk badan normal
– Merupakan galur murni dan berasal dari keturunan yang berbeda
– Bagian kepalanya relatif lebih kecil dibandingkan dengan badannya
– Sisik besar, susunannya rapi
– Gerakannya lincah, responsif ketika diberi pakan
– Memiliki badan tebal dengan warna yang mengkilap

Indukan betina memasuki masa matang gonad setelah berumur 5 – 6 bulan, dengan bobot 200 – 250 gram sedangkan untuk indukan jantan memiliki bobot 250 – 300 gram. ikan nila termasuk jenis ikan dengan jumlah telur yang sedikit, untuk induk betina dengan bobot 200 – 250 gram hanya mampu menghasilkan telur sekitar 200 – 400 butir telur.

Masa produktivitas indukan ikan nila untuk pembenihan berkisar 1,5 – 2 tahun, untuk indukan yang sudah dibenihkan selama 2 tahun, harus diganti dengan indukan baru yang produktif karena
hal tersebut dapat mempengaruhi kualitas dan kuantitas yang menyebabkan anakan ikan menjadi menurun. Indukan betina yang sudah dipijahkan, bisa dipijahkan kembali setelah 3 – 6 minggu.

Demikianlah Langkah pemilihan indukan ikan nila, untuk pembenihan, semoga dapat bermanfaat.