Langkah Penetasan Telur Ikan Gabus Setelah Pemijahan

Langkah Penetasan Telur Ikan Gabus Setelah Pemijahan

0
SHARE

Kabartani.com-Proses penetasan telur ikan gabus setelah proses pemijahan, setelah kita dapatkan telur ikan gabus dari proses pemijahan, maka langkah selanjutnya adalah memindahkan telur – telur tersebut ketempat pemijahan. Tempat yang digunakan untuk penetasan telur – telur ikan gabus tersebut menjadi faktor penting dalam penetasan.

Untuk penetasan telur – telur ikan gabus tersebut, sebaiknya  kita gunakan Aquarium. dikarenakan bila kita menggunakan  Aquarium, maka akan mempermudah kita dalam pengontrolan kondisi telur – telur tersebut.

Untuk ukuran Aquarium yang digunakan sebagai tempat penetasan adalah 65 X 45 X 45 Cm dalam ukuran P X L X T, tetapi sebelum kita meletakkan telur – telur ikan gabus tersebut ,  2 hari sebelumnya kondisi Aquarium harus dikeringkan terlebih dahulu.

Setelah Aquarium telah siap digunakan untuk penetasan telur – telur ikan gabus tersebut,  maka langkah selanjutnya mengisi Aquarium tersebut dengan air sampai ketinggian  sekitar  40 Cm, setelah itu barulah telur – telur ikan gabus dari pemijahan dimasukkan, dan jangan sampai lupa pada Aquarium tersebut pasanglah dua buah titik aerasi dan harus dihidupkan ketika proses penetasan berlangsung.

Pada saat penetasan telur – telur ikan gabus tersebut, suhu air dalam Aquarium jangan melebihi suhu 28 derajat celcius, disarankan dengan suhu yang sesuai. Pada langkah ini kita harus rajin mengontrol kondisi telur.

Demikianlah sedikit gambaran penetasan telur ikan gabus setelah langkah pemijahan semoga bermanfaat, dan perlu di ingat setiap ekor induk betina ikan gabus mampu mengeluarkan telur yang mencapai 10.000 hingga 11.000 butir telur.