Langkah Perawatan Larva Ikan Nila setelah penetasan

Langkah Perawatan Larva Ikan Nila setelah penetasan

0
SHARE

Kabartani.com-Langkah Pemeliharaan Larva Ikan Nila setelah telur ikan nila menetas menjadi larva, maka langkah selanjutnya adalah langkah pembesaran larva, apabila larva ikan nila sudah berumur 5 – 7 hari, maka harus segera kita pindahkan ketempat atau kolam yang baru.

Kita bisa pindahkan larva ikan tersebut ke Aquarium, atau ke kolam tembok, dapat juga ke kontainer plastik atau hapa. pada waktu tebar untuk pemeliharaan larva ikan dengan jumlah 50 – 200 ekor/m2, disesuaikan dengan jenis kolamnya.

Untuk pemberian pakan harus berprotein tinggi dalam bentuk tepung yang sangat halus dengan ukuran 0,2 – 0,5 mm. dalam sehari kita berikan pakan 4 – 5 kali, sekali pakan kita berikan pakan dalam bentuk tepung sebanyak 1 sendok teh.

Kita juga dapat memberikan pakan, dari telur ayam yang direbus kita ambil kuningannya, kemudian lumat dan campur dengan 1/2 liter air, selanjutnya masukkan dalam botol semprotan kemudian berikan pada ikan sebanyak 100 ml dalam sekali pemberian pakan.

Lama waktu pendederan larva ikan nila berkisar 3 – 4 minggu, sampai larva berukuran 2 – 3 cm. apabila larva sudah mencapai ukuran tersebut, maka larva tersebut harus segera dipindahkan ke kolam pendederan.

Pada Langkah pendederan larva, pembenihan ikan nila bertujuan untuk menghasilkan benih ikan nila jantan, karena pembudidaya ikan nila lebih menginginkan benih ikan jantan dari pada betina
dikarenakan benih ikan nila jantan lebih cepat pembesarannya.

Demikianlah sedikit gambaran tentang pemeliharaan benih ikan nila, semoga dapat bermanfaat