Langkah Persiapan Kolam Untuk Budidaya Ikan Nila

Langkah Persiapan Kolam Untuk Budidaya Ikan Nila

0
SHARE

Kabartani.com-Langkah budidaya ikan nila, untuk langkah yang pertama adalah pembenihan. hal yang pertama disiap dalam pembenihan ikan nila adalah menyiapkan tempat atau kolam yang digunakan untuk budidaya, ada empat tipe kolam yang dibutuhkan untuk pembenihan ikan nila, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Kolam Untuk Pemeliharaan Indukan.

kabartani.com-kolam-indukan-ikan-nilakolam ini hanya digunakan untuk memelihara indukan ikan nila jantan dan betina, untuk indukan jantan dan indukan betina harus dipisah jangan dicampur menjadi satu kolam, dalam hal ini kita butuh dua kolam untuk pemeliharaan indukan jantan dan betina, kita tidak butuh kolam yang luas, yang penting cukup dalam untuk ikan dewasa, kedalamannya sekitar 100 cm hingga 140 cm.

2.Kolam Untuk Pemijahan

kabartani.com-kolam-pemijahan-ikan-nilafungsi dari kolam ini adalah untuk mengawinkan induk jantan dan betina. untuk kolam pemijahan ini sebaiknya lantai dasarnya tanah.pada dasar kolam ini lengkapilah dengan kemalir atau kubangan – kubangan.

3.Kolam untuk pemeliharaan larva ikan nila yang baru menetas.

kabartani.com-larva-ikannilafungsi kolam ini digunakan sebagai tempat untuk memelihara larva ikan nilai yang baru menetas.ada tiga tipe kolam ini bisa berupa bak semen, kolam tanah, atau jaring halus yang mengapung diatas permukaan air kolam, mirip jaring apung di danau.tetapi dalam ukuran yang kecil.

4.Kolam Pendederan benih ikan atau kolam pemeliharaan benih ikan

kabartani.com-pendederan-ikan-nila fungsi kolam ini hanya untuk membesarkan benih ikan nilai sampai ukuran 10 cm hingga 12 cm, setelah itu ikan siap untuk dipindahkan ke kolam budidaya.

Sedikit gambaran tentang hal apa saja yang perlu disiapkan saat pembenihan ikan nila, semoga ulasan ini dapat menambah manfaat.