Langkah Persiapan Kolam Untuk Pembesaran Benih Ikan Gabus

Langkah Persiapan Kolam Untuk Pembesaran Benih Ikan Gabus

0
SHARE

Kabartani.com-Setelah langkah perawatan larva ikan gabus dari penetasan, untuk langkah berikutnya adalah mempersiapkan Kolam untuk  larva – larva Ikan gabus  yang sudah  berumur 2 sampai 15 hari.   Apabila umur larva – larva ikan gabus tersebut sudah 15 hari,barulah kita siapkan kolam untuk pembesarannya, yang pertama kita pilih lokasi tanah yang digunakan untuk membuat kolam.

Untuk pembuatan kolam yang pertama kita ambil ukuran kolam 2 m hingga  5 meter, dengan kedalaman 1,5 meter, kemudian dinding kolam kita beton mengelilingi kolam, untuk alas kolamnya biarlah beralaskan tanah liat.

Setelah kolam sudah jadi, kemudian ratakan tanah alasnya, dan tambahkan tanah yang berasal dari kotoran – kotoran hewan atau tanah kompos  dengan ketinggian kurang lebih 30 cm, kemudian ratakanlah tanah tersebut, setelah itu selesai, keringkan kolam tersebut selama satu minggu.

Setelah kolam sudah dikeringkan selama satu minggu, kemudian tebarkan  pupuk kapur dolomid diatas permukaan tanah kompos yang sudah kering selama satu minggu tersebut, dan apabila pupuk kapur ini sudah ditebar diatas permukaan tanah kompos yang berada didalam kolam, biarkan pupuk kapur tersebut selama 3 hari, supaya pupuk tersebut bercampur dengan tanah kompos yang ada dipermukaan kolam.

Tujuan dikasih pupuk kapur dolomid ini, nantinya apabila kolam sudah diisi air maka pupuk dolomid yang sudah bercampur dengan tanah kompos ini yang akan dijadikan sumber makanan larva – larva ikan gabus tersebut. pupuk kapur dolomid dan tanah kompos yang sudah terendam air akan menumbuhkan makanan untuk larva – larva ikan gabus tersebut, seperti plankton, kutu air, dan lumut.

Apabila Kolam sudah selesai disiapkan, langkah berikutnya adalah mengaliri kolam tersebut dengan air sampai ketinggian 50 cm – 100 cm, kemudian biarkan air menggenangi kolam tersebut selama satu minggu, hal tersebut bertujuan untuk menumbuhkan makanan bagi benih ikan gabus,, seperti plankton, lumut, dan kutu air.

Apabila kolam sudah terisi air selama satu minggu barulah kita tebarkan benih ikan gabus tersebut, benih kita ambil dari kolam aquarium yang digunakan untuk perawatan benih setelah penetasan, kita harus menyortiri benih yang akan ditebarkan dikolam, pilihlah benih yang sehat, lincah, gesit, enerjik dan saling berinteraksi dengan sesama benih laiinya.

Demikian lah Langkah persiapan kolam untuk pembesaran benih ikan gabus semoga bermanfaat.