Manfaat Buah Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

0
SHARE

KABARTANI.COM-Manfaat Buah Jeruk Nipis Untuk Kesehatan, Buah jeruk nipis yang nama ilmiahnya Citrus aurantifolia (Christm) Swing, buah ini banyak digunakan sebagai obat batuk dan kecantikan, jeruk nipis juga disebut sebagai jeruk pecel.

Adapun perbedaan jeruk nipis dan jeruk yang lainnya adalah memiliki kandungan zat gizi yang tak jauh berbeda. yang membedakan diantara keduanya adalah prosentase pada masing – masing nutrisinya.

KHASIAT KANDUNGAN BUAH JERUK NIPIS

Jeruk Nipis banyak mengandung zat gizi dan senyawa aktif  yang bermanfaat  bagi kesehatan. diantaranya protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, maupun fosfor. dari zat – zat tersebut jeruk nipis sering digunakan dalam berbagai produk obat.

Sebut saja kandungan limonene yang dapat mencegah penyakit kanker, flavanoid yang bermanfaat menghancurkan asam lemak jahat pada tubuh, vitamin C yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh, asam sitrat yang bersifat meluruhkan batu ginjal, hingga serat yang mampu meredam munculnya penyakit jantung.

Selain itu, buah jeruk nipis masih mempunyai banyak khasiat seperti mengobati penyakit batuk, mengurangi bau badan, memperlancar sistem pencernaan, mencegah timbulnya penyakit pada pembuluh darah, membantu mengatasi iritasi lambung, dan melindungi usus besar dari serangan kanker. sedangkan dalam dunia kecantikan, jeruk nipis juga banyak dimanfaatkan sebagai obat perawatan kulit dan sebagainya.

JERUK NIPIS MAMPU MENCEGAH KANKER

Salah satu senyawa yang mencolok dari jeruk nipis adalah limonene. senyawa ini menawarkan banyak manfaat untuk tubuh. kandungan limonene yang tinggi pada jeruk nipis mampu memberikan efek menurunkan resiko kanker.

Dengan mengkonsumsi jeruk nipis secara teratur, dapat meminimalisasi terserang penyakit kanker yang berbahaya. terutama kanker payudara, dan kanker sel squamosa. disamping itu senyawa limonene juga dapat mengikat kolesterol pada tubuh, serta menghilangkan rasa mulas dan mampu mengobati penyakit batu empedu.

CARA MENGOLAH BUAH JERUK NIPIS

Jeruk nipis termasuk buah yang dapat dikonsumsi dalam beberapa variasi. hampir seluruh bagian jeruk nipis dapat dimanfaatkan sebagai herbal. mulai dari kulit hingga sari daging buahnya, biasanya jeruk nipis dikonsumsi sebagai bahan tambahan masakan serta sebagai pelezat masakan. selain itu, jeruk nipis dapat dikonsumsi menjadi olahan minuman seperti sari jeruk nipis, es jeruk, dan lainnya. saat ini sudah banyak beberapa produk instan dengan bahan dasar jeruk nipis, misalnya saja obat batuk, produk sabun, maupun produk kecantikan.

Cara mengkonsumsi jeruk nipis dapat dicampur dengan bahan lain. bagi penderita gangguan lambung, dapat menambahkan sari jeruk nipis dengan campuran teh atau gula. tujuannya agar tidak menimbulkan iritasi pada lambung.

Perlu diperhatikan !! jeruk nipis termasuk buah yang dapat mengalami kerusakan karena penyimpanan yang salah. buah ini harus disimpan pada tempat yang dingin. simpanlah jeruk nipis pada suhu minimum 7 derajat Celcius.

BERIKUT SALAH SATU CONTOH OLAHAN BUAH JERUK NIPIS

Jus Jeruk Nipis Rumput Laut Penumpas Batu Ginjal
Bahan :
1. 150 g gula pasir
2. 300 ml air panas
3. 125 g rumput laut
4. 300 g es serut
5. 100 ml air jeruk nipis yang berasal dari 400 g jeruk nipis
6. 3 sdt selasih, direndam

Cara Membuat :
1. Larutkan gula pasir dengan air panas. Tambah air jeruk nipis
2. Masukkan selasih dan rumput laut, kemudian diaduk rata
3. Ditambah es serut
4. Dan mulai bisa disajikan.

Demikianlah sedikit gambaran dan pengetahuan tentang manfaat buah jeruk nipis untuk kesehatan semoga dapat menambah manfaat dan pengetahuan untuk kita semua.