Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

0
SHARE

KABARTANI.com – Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan,Buah naga termasuk buah yang sangat digemari diberbagai negara, termasuk juga Indonesia.ciri khas dari buah nada adalah memiliki rasa yang manis dan menyegarkan.

walaupun bentuknya sedikit aneh karena buahnya berbentuk lonjong dengan jumbai diseluruh bagian kulit, namun demikian pamor buah naga tidak meredup. dan pada saat ini sudah banyak orang yang membudidayakannya.

Buah Naga adalah buah yang memiliki nama latinnya ( hylocereus polyrhizus) masih tergolong sebagai tanaman hias. dikarenakan buah naga dapat ditanam di pot dengan menambahkan tiang penompang. dan bila dalam jumlah yang banyak tanaman ini bisa digunakan sebagai pagar.Buah naga disebut sebagai Ratu malam (moonflower) dikarenakan proses mekar bunga buah naga terjadi pada malam hari.

Terdapat 2 jenis buah naga yaitu buah naga merah (hylocereus) dan buah naga kuning (selenicereus) yang membedakan dari keduanya adalah warna daging buahnya. walaupun demikian buah tersebut memiliki manfaat herbal yang sama.

KHASIAT KANDUNGAN BUAH NAGA

Buah naga mengandung banyak zat gizi serta senyawa aktif yang berguna bagi kesehatan.kendati demikian buah naga sering digunakan sebagai obat herbal.dengan adanya kandungan senyawa antioksidan yang tinggi membuat buah naga ini mampu menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit.

senyawa yang ada dibuah naga diantaranya beta – karoten, likopen, vitamin B1, vitamin B2, serta vitamin E, selain antioksidan , buah naga juga kaya akan senyawa prebiotik yang mampu melancarkan sistem pencernaan. buah naga juga mengandung serat yang larut air. serat ini berfungsi untuk mengikat asam empedu sehingga mampu menurunkan kolesterol pada tubuh. Selain itu buah naga juga mengandung mineral yang penting seperti potasium, protein, ferum, sodium, serta kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh.

Banyak khasiat yang dikandung buah naga diantaranya menyeimbangkan kadar gula dalam darah, mencegah penuaan dini, meningkatkan nafsu makan, memperkuat tulang dan gigi, berguna untuk kesehatan mata, mencegah penyakit diabetes melitus, mampu mengikat logam berat yang berbahaya bagi tubuh, dapat menetralkan racun, serta baik untuk kesehatan kulit.

BUAH NAGA BERPERAN UNTUK MEMBASMI PENYAKIT JANTUNG

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan bahwa buah naga mengandung antioksidan, senyawa aktif, dan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. Senyawa – senyawa tersebut diantaranya polifenol, vitamin C, vitamin E.

Senyawa antioksidan ini sangat baik untuk mencegah penyakit jantung. Dengan mengkonsumsi buah naga secara rutin dapat menurunkan kadar kolesterol total, trigliserida, serta LDL.dengan mengkonsumsi 400 g sampai 600 g buah naga setiap hari berturut – turut selama satu bulan mampu menurunkan kadar kolesterol total dan kadar LDL.

Buah naga berkulit merah memiliki khasiat lebih baik dibanding dengan buah naga berkulit kuning. selain daging buah, kulit buah naga juga bermanfaat sebagai bahan pewarna alami karena terdapat kandungan pigmen sianidin 3 – ramnosil, glukosida 5 – glukosida serta antosianin.

CARA MENGOLAH BUAH NAGA

Hampir seluruh bagian dari buah naga dapat dikonsumsi, biasanya daging buah naga dikonsumsi dalam keadaan dingin, karena rasanya akan lebih segar. selain dimakan langsung, buah naga juga dapat dijadikan menjadi jenis olahan makanan seperti jeli, jus buah, roti, maupun olahan minuman.

Buah naga juga bisa dimanfaatkan sebagai campuran pada sup buah.disamping itu, kulit buah naga juga dapat dimanfaatkan menjadi berbagai olahan makanan. hingga saat ini kulit buah naga masih berkisar pada manisan kering atau basah, selei, teh, maupun dodol.

Perlu diperhatikan !! Penyimpanan buah naga harus pada kondisi suhu sekitar 10 derajat Celcius. Suhu tersebut merupakan suhu optimal yang baik untuk menjaga struktur dan kandungan zat gizi pada buah naga. Hindari penyimpanan dengan suhu dibawah 7 derajat celcius.

BERIKUT CONTOH OLAHAN DARI  BUAH NAGA

Puding Buah Naga Penangkal stroke dan jantung koroner
Bahan :
1. 150 g buah naga putih
2. 250 g buah naga merah
3. 200 ml air putih
4. 500 ml susu skim cair
5. 1 bungkus agar – agar putih
6. 1/4 sdt garam

Cara Membuat :

  • Kupas Buah Naga, ambil bagian daging buahnya kemudian masukkan dalam mangkok
  • Haluskan Daging buah naga putih dengan blender. tambah 4 sdm gula pasir dan 100 ml air putih.   Blender selama kurang lebih 25 detik. lalu masukkan dalam mangkok
  • Blender buah naga merah dengan 6 sdm gula pasir. tambahkan 100 ml air putih selama 40 detik. lalu masukkan dalam mangkok
  • Masukkan susu cair 200ml ( buah naga putih ) dan 300 ml (buah naga merah ). kemudian masukkan juga agar – agar kedalam masing – masing mangkok. lalu masak dengan api kecil dan aduk selama 14 menit.Tuangkan dalam mangkok masing – masing dan sajikan.

Baca Juga :

FAKTA TENTANG BUAH NAGA

Kandungan Senyawa antioksidan dalam buah naga mampu memperbaiki kadar HDL yang mampu mengurangi resiko terkena serangan jantung.

Demikianlah sedikit gambaran tentang manfaat Buah Naga untuk kesehatan, semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan untuk kita semua.