Manfaat Dan Khasiat Buah Alpukat Bagi Kesehatan

Manfaat Dan Khasiat Buah Alpukat Bagi Kesehatan

0
SHARE

KABARTANI.com – Alpukat buah yang memiliki nama latinnya Persea americana, buah ini banyak dijumpai di daerah-daerah di Indonesia.tekstur buah alpukat adalah mirip dengan buah jambu.

Kebanyakan buah alpukat dimanfaatkan sebagai tanaman monokultur serta tanaman pekarangan di daerah – daerah tropika, termasuk Indonesia. buah ini juga bisa digunakan dalam proses diet penurunan berat badan.

Khasiat Kandungan Buah Alpukat bagi Kesehatan

Banyak manfaat yang dapat ditemukan didalam buah alpukat adapun kandungan zat gizi dan senyawa aktif yang ada dalam buah alpukat, adanya Asam Lemak tak jenuh yang baik untuk menjaga kesehatan jantung, disamping itu buah alpukat juga mempunyai berbagai jenis nutrisi seperti 11 vitamin dan 14 mineral yang baik bagi tubuh. Bbuah alpukat juga mengandung senyawa kalium yang bermanfaat untuk membasmi penyakit stroke.

Vitami A, Vitamin B, vitamin C yang ada dalam buah alpukat bermanfaat untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh, dan Vitamin E dan Vitamin K yang berguna untuk membantu sistem imun pada tubuh, lutein, asam folat yang dapat menjaga kesehatan jantung, karotenoid yang berfungsi sebagai sumber antioksidan bagi tubuh, serta serat yang berfungsi memperlancar buang air besar.

Disamping itu, buah alpukat masih mempunyai banyak manfaat seperti menurunkan kadar kolesterol darah, menurunkan penyerapan gula dalam usus, mampu melembabkan kulit, serta mencegah anemia dan konstipas

Buah Alpukat Bermanfaat Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Dengan mengkonsumsi buah alpukat secara rutin dapat mencegah penyakit stroke, hipertensi, maupun jantung, dikarenakan kandungan Asam lemak tak jenuh dalam buah alpukat memberikan banyak kebaikan bagi kesehatan tubuh manusia, Senyawa tersebut mampu menurunkan kadar kolesterol sebagai lemak jahat bagi tubuh. Tak mengherankan juga buah alpukat juga digunakan sebagai terapi diet.

Cara Mengolah Buah Alpukat

Buah alpukat yang dapat dikonsumsi adalah daging buahnya. alpukat dapat dinikmati dalam keadaan dingin atau keadaan biasa.Kebanyakan Buah alpukat diolah menjadi jus, karena dipercaya menambah stamina dan mengenyangkan. selain dijadikan jus, alpukat juga dapat diolah menjadi berbagai olahan seperti campuran sup buah, campuran salad, maupun campuran es krim.

Contoh Olahan Buah Alpukat

Jus Alpukat
Bahan :

  • 3 buah alpukat, ambil daging buahnya
  • 200 ml fresh milk dingin
  • 125 ml susu kental manis
  • 1 sdt meises untuk taburan

Cara Membuat :

  1. Blender alpukat, fresh milk dan susu kental manis menjadi satu.
  2. Tuangkan ke dalam gelas dan taburi dengan mesis
  3. Selanjutnya mulai bisa disajikan

    Fakta Buah Alpukat

Kandungan Asam lemak tak jenuh pada buah alpukat mampu menurunkan kolesterol dan LDL dalam tubuh sehingga dapat menurunkan resiko penyakit jantung.

Demikianlah sedikit gambaran tentang manfaat dan khasiat buah alpukat untuk kesehatan tubuh manusia, semoga dapat menambah pengetahuan dan maanfaat untuk kita semua.