Manfaat Dan Khasiat Buah Delima Untuk Kesehatan

Manfaat Dan Khasiat Buah Delima Untuk Kesehatan

0
SHARE

KABARTANI.COM-Manfaat Dan Khasiat Buah Delima Untuk Kesehatan,Buah delima merupakan buah yang unik dikarenakan dagingnya berbentuk butiran – butiran kecil. Sedangkan kreteria buah Delima diantaranya buahnya berbentuk bulat, seperti jeruk, dan berkulit keras. kebanyakan buah delima ditanam dikebun atau dihalaman rumah selain fungsinya sebagai buah juga bisa digunakan untuk tanaman hias.

Buah Delima adalah buah yang memiliki nama ilmiahnya (Punica granatum ) dari jaman dahulu buah delima sudah digunakan sebagai sari minuman karena rasanya yang segar.

Selain itu buah delima juga berkhasiat dalam menyembuhkan berbagai penyakit.buah delima berasal dari persia. Untuk tempat hidupnya buah delima bisa tumbuh disemua iklim didataran rendah dengan ketinggian 0 – 1.600 m dpl. akan tetapi buah delima akan tumbuh subur jika ditanam di tanah yang kering dan gembur.

Buah delima mempunyai beberapa warna diantaranya merah, putih, merah jambu, coklat kemerahan, hijau keunguan, hijau kekuningan, dan ungu kehitaman, Daunnya berbentuk taji, tangkainya bulat panjang, serat bunganya berwarna putih.Dagingnya manis ada yang berwarna putih dan merah muda. untuk bijinya berwarna putih kemerahan dengan rasa manis agak asam.di Indonesia ada beberapa buah delima yaitu delima putih, delima merah, dan delima ungu.

Buah Delima mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. meskipun buahnya yang beragam dan ada perbedaan zat yang dikandungnya.tetapi hal tersebut tidak menjadi soal. meski sedikit berbeda, namun manfaat dan khasiatnya tetap sama baik untuk kesehatan.

KHASIAT KANDUNGAN DELIMA

Didalam Buah Delima banyak mengandung zat gizi. pada kulitnya saja terkandung zat samak dan zat lendir yang berfungsi menghasilkan hemostatik untuk mengatasi keputihan dan mengecilkan pori – pori kulit. untuk kulit akarnya mengandung banyak alkaloida yang ampuh membunuh cacing dalam tubuh. Buahnya kaya akan vitamin C dan asam malat melebihi apel, pear, peach, plum, apricot dan pisang. untuk mengolah delima menjadi minuman alangkah lebih baiknya jika bijinya disertakan karena bijinya mengandung polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

Dalam satu buah delima, terkandung Zat seperti asam sitrat,  asam malat, glukosa, fruktosa, maltose, tannin , vitamin A, vitamin C, protein , lemak, karbohidrat, kalori, serat kasar, air dan mineral ( kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, natrium, dan kalium).Kandungan tersebut berkhasiat mengatasi sakit perut, disentri, diare, pendarahan, gangguan pencernaan, sariawan, muntah darah, batuk darah, TBC, radang tenggorokan, radang telinga, kanker, jantung, hipertensi, kolesterol, sakit gigi, mengobati luka, penyakit kulit, keputihan, cacingan, menurunkan berat badan.

DELIMA PENANGKAL DAN PENAWAR KANKER

Berdasarkan Penelitian, diketahui bahwa dalam biji delima terkandung zat yang disebut polifenol.zat yang berfungsi menangkal serangan radikal bebas pemicu tumbuhnya sel – sel kanker.dengan adanya zat polifenol yang terkandung dalam biji delima, jika dikonsumsi secara rutin dan teratur bisa mematikan sel – sel kanker dalam tubuh. lebih hebatnya lagi, bagi penderita kanker, ekstrak biji delima yang sudah terfermentasi dapat membantu memulihkan sel yang terjangkit kanker menjadi normal kembali.disamping itu polifenol juga berperan sebagai antioksidan pencegah radikal bebas penyebab penuaan dan juga kemungkinan terjangkit penyakit Alzheimer.

Dalam satu buah delima, umumnya mengandung kurang lebih 800 biji. polifenol dari biji delima dikatakan ampuh sebagai antioksidan karena mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan Asam Folat. Zat – zat tersebut berperan penting dalam fungsi organ jantung.

CARA MENGOLAH DELIMA

Hampir seluruh bagian dari tanaman delima dapat dimanfaatkan sebagai obat. mulai dari kulit akar, kulit kayu, daun , bunga, kulit buah, daging hingga biji.kebanyakan bagian yang sering dikonsumsi adalah bagian daging dan bijinya. untuk mengkonsumsinya biasanya dengan dimakan secara langsung. atau diolah menjadi makanan dan minuman seperti rujak buah, salad buah, jus, sari buah, atau pudding buah.

RESEP OLAHAN DELIMA

Resep Buah Delima Untuk Obat Diare
Bahan :
1. 2 buah delima (yang sudah dibuang kulitnya)
Cara Membuat :
1. Panggang buah delima ingga kering, lalu tumbuk sampai menjadi bubuk
2. Seduh 10 – 12 gram bubuk tadi dengan air panas secukupnya
3. Minum 3 kali sehari

Resep Biji Delima Untuk Obat Sariawan
Bahan :
1. 1 atau 2 buah delima (diambil bijinya)
Cara Membuat :
1. Biji Delima ditumbuk sampai hancur
2. Kemudian rendam biji delima hingga beberapa saat
3. Gunakan air rendaman itu untuk berkumur

FAKTA AJAIB !!

Polifenol yang terkandung dalam biji delima berperan sebagai antioksidan dan mampu mematikan sel – sel kanker lebih hebat dibanding kemoterapi.

Baca Juga :

Demikianlah sedikit gambaran tentang manfaat buah delima untuk kesehatan, Semoga yang sedikit ini dapat menambah pengetahuan bagi kita semua.