Manfaat Dan Khasiat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

Manfaat Dan Khasiat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

0
SHARE

KABARTANI.com – Buah Mengkudu adalah buah yang tak asing lagi di kalangan masyarakat pedesaan. Dengan ciri buahnya yang tidak menarik dan mempunyai bau yang tak enak.

Buah mengkudu dengan nama ilmiahnya Morinda citirofolia. disamping itu mengkudu adalah tanaman herbal yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Adapun khasiat buah mengkudu adalah sebagai berikut :

Khasiat kandungan mengkudu  
Semua bagian dari tanaman mengkudu mengandung khasiat dan manfaat untuk tubuh seperti pada akarnya mengandung merindin, morindon, aligarinol, methylether, serta soranjidiol, senyawa morindon bermanfaat sebagai pencahar.

Sedangkan soranjidiol bermanfaat dalam menyembuhkan cacing perut. Buah mengkudu lebih kaya akan senyawa aktif. Buah mengkudu juga mengandung alkaloid, triterpenoid, damnacanthal, proxeronine, methoxy, formyl, dan hydroxyan thraquinone.

Sedangkan daun mengkudu juga mengandung protein, zat kapur, zat besi, karoten, dan juga askorbin. sedangkan bunga mengkudu mengandung glikosida antrakiron.

Anti jamur dan antimi kroba pada mengkudu
Kandungan Senyawa antrakuinin, scaloptin, dan adaptogini merupakan senyawa aktif  yang memiliki efek anti jamur dan anti mikroba. Karena efek ini, mengkudu dapat digunakan dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti memperlancar kerja berbagai kelenjar yang ada dalam tubuh, meningkatkan proses penyerapan nutrisi pada tubuh, mempercepat pertumbuhan sel yang sudah rusak pun mati.

Untuk penyakit berat, mengkudu dapat membantu mengatasi hipertensi, diabetes mellitus, kolesterol tinggi, peradangan serta melancarkan kerja ginjal dan mengurangi dampak alergi.

Antioksidan tinggi dalam mengkudu 
Keberadaan antioksidan sangat penting untuk melindungi tubuh dari serangan berbagai penyakit maupun perubahan cuaca. Dengan adanya antioksidan, radikal bebas pun dapat dicegah dan secara tidak langsung dapat mengurangi resiko penyakit degeneratif.

Agen antioksidan yang tinggi dalam mengkudu adalah adanya protein yang tinggi, vitamin, serta zat penting lainnya. Selain itu, mengkudu segar bekerja merangsang sel T yang dapat melawan kuman, bakteri, dan virus, bahkan, penelitian menemukan bahwa mengkudu segar memiliki antioksidan 10 kali lebih tinggi dibandingkan buah atau herbal lainnya.

Fakta Ajaib tentang mengkudu
Didalam mengkudu terdapat senyawa yang juga mampu mengatasi kanker dengan efektif. Damnacanthal dalam mengkudu dapat melawan sel – sel ras K-NRK yang merupakan bibit terjadinya kanker. Selain itu, nalkaloid proxeronin dapat menghambat dan mengatasi sel kanker.

Cara Mengolah Mengkudu
Bagian mengkudu yang bisa digunakan sebagai obat adalah daun dan buahnya. Buah mengkudu yang biasa digunakan adalah buah yang sudah matang dan berwarna kuning kecokelatan. Buah yang tua memang memiliki kandungan air lebih banyak dan lebih berkhasiat.

Saat ini produk dengan bahan mengkudu pun sudah tersedia di pasaran, misal kapsul buah mengkudu. Bau dan rasa dari mengkudu bisa menghilang saat dikemas dalam bentuk kapsul atau instan. Namun, memang khasiatnya lebih sedikit dibandingkan dengan mengkudu segar.

Racikan mengkudu
Racikan Obat Radang Amandel
Bahan :
1. 2-3 buah mengkudu
2. Madu secukupnya

Cara Membuat :
1. Cuci Bersih buah mengkudu lalu parut dan peras airnya
2. Tambahkan Madu pada air perasan lalu gunakan untuk berkumur

Racikan Obat Hipertensi
Bahan :
1. 1 Buah mengkudu masak pohon
2.  1 sdm madu

Cara Membuat :
1. Cuci bersih buah mengkudu lalu haluskan untuk diambil airnya
2. Tambahkan madu lalu minum 2 kali sehari

Demikianlah sedikit tenteng manfaat buah mengkudu untuk kesehatan, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua.