Manfaat dan Khasiat Kacang Panjang untuk Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Kacang Panjang untuk Kesehatan

0
Bagikan

Kabartani.com – Manfaat dan khasiat kacang panjang untuk kesehatan, Kacang Panjang adalah tanaman yang memiliki nama Ilmiahnya Vigna senesis, kacang panjang tumbuh dengan baik di dataran sedang sampai dataran rendah.

Bebera ciri-ciri dari tanaman kacang panjang adalah memiliki batang panjang dan tumbuh melilit dengan buah, Berwarna hijau waktu masih muda dan berubah menjadi putih kehijauan setelah tua, bentuk bijinya lonjong pipih, terkadang melengkung, disamping itu kacang panjang juga mempunyai warna biji mulai dari warna kuning, coklat, hitam, putih, dan kuning kemerahan.

Kacang panjang merupakan sumber protein nabati yang cukup potensial, adapun kandungan gizi yang terdapat pada kacang panjang adalah sebagai berikut :Energi, KH, Serat, Lemak, Protein, Kalsium, Fosfor, Zat Besi, Natrium, Kalium, Betakaroten, Vitamin B1, B2, B6, dan C.

Betakaroten yang terkandung dalam kacang panjang berperan sebagai Antioksidan dan berfungsi sebagai Antikanker, Antivirus, antibakterial serta mencegah kelainan antibodi disamping itu juga memiliki zat antikanker.

Adapun kandungan zat Fitoestrogen yang ada di dalam tanaman kacang panjang ini mampu memacu poliferasi sel jika berkaitan dengan reseptor estrogen, caranya dengan menumbuk kulit biji kacang panjang sampai didapatkan sarinya, lalu dioleskan pada payudara.

Kacang Panjang banyak diolah menjadi sayur selain itu juga bisa sebagai lalapan. biasanya bagian kacang panjang yang sering dikonsumsi adalah bagian buah yang terdiri dari polong dan bijinya.sebelum dikonsumsi sebagai lalapan alangkah baiknya dengan cara Blanching. yaitu bertujuan mengaktifkan zat pada sayuran dan menghilangkan kuman berbahaya sebelum dikonsumsi.

Fakta Tentang Kacang Panjang Bagi Kesehatan

Fitostrogen yang ada di dalam kacang panjang dapat membantu memacu poliferasi sel jika berkaitan dengan reseptor estrogen sehingga bermanfaat sebagai poliferasi payudara.

beberapa olahan makanan yang terbuat dari kacang panjang

Oseng Kacang Panjang Tempe Telur Puyuh
Bahan :
– 300 gram tempe, dipotong kotak 1 x 1 cm, digoreng
– 100 gram kacang panjang, dipotong
– 20 butir telur puyuh, direbus
– 1 lembar daun salam
– 2 cm lengkuas, dimemarkan
– 1 sendok makan ebi, diseduh, dimemarkan.
– 2 sendok makan kecap manis
– 3/4 sendok teh garam
– 1/2 sendok teh gula merah
– 150 ml kaldu ayam
– 2 sendok makan minyak untuk menumis
– 8 butir bawang merah
– 4 siung bawang putih
– 2 buah cabai merah besar
– 3 buah cabai hijau besar

Cara Membuat :

1. Panaskan minyak. tumis bumbu iris, daun salam, dan lengkuas hingga harum.
2. Kemuidian masukkan ebi dan aduk hingga rata.
3. Tambahkan kacang panjang dan telur puyuh kemudian aduk hingga rata.
4. Masukkan tempe, kecap manis, garam, gula merah dan kaldu.
5. Aduk hingga rata, masak sampai mendidih dan matang siap untuk disajikan.

Demikianlah sedikit gambaran tentang manfaat tanaman kacang panjang untuk kesehatan, semoga yang sedikit ini dapat menambah pengetahuan dan manfaat untuk kita semua.

Loading...

TIDAK ADA KOMENTAR

BERI BALASAN