Manfaat Dan Khasiat Kunyit Untuk Kesehatan

Manfaat Dan Khasiat Kunyit Untuk Kesehatan

0
SHARE

KABARTANI.com – Kunyit adalah tanaman herbal yang terkenal sejak jaman nenek moyang kita dulu. Banyak manfaat kunyit diantaranya sebagai bumbunya masakan, sebagai jamu tradisinal kunir asem yang dipercaya sangat baik untuk kesehatan para wanita.dan masih banyak lagi kegunaan yang lainnya. Kunyit memiliki rasa yang pahit dan agak pedas.

Khasiat dan kandungan Kunyit
Kunyit dilengkapi dengan ratusan kandungan nutrisi, mineral, dan senyawa aktif yang sangat penting untuk tubuh. Kunyit Mengandung minyak atsiri 6 %, curcuminoid 5%,karbohidrat 3%, protein 30%, lemak 1-3%, pati 8 %, Vitamin C 45 – 55 %, dan sisanya terdiri dari berbagai garam mineral seperti kalsium , fosfor dan zat besi.

Selain kandungan nutrisi, kunyit juga mengandung berbagai  senyawa aktif seperti tannin, damar, ceffeic acid,L.a dan L.b curcumae, gu aknicol,protochatechuic acid, serta ukanon A, B, C, D. semua senyawa aktif  tadi merupakan antioksidan yang baik untuk tubuh sehingga mendukung kekebalan tubuh.

Didalam kunyit memiliki sifat anti bakteri yang bekerja dengan merangsang dinding kantung empedu sehingga dapat mengeluarkan racun yang mengakibatkan pencernakan lebih sempurna. selain itu kunyit membantu mempertajam daya ingat. selain itu juga kunyit juga dapat menghentikan gastric dan kanker kolon dengan memperlambat efek dari bakteri yang berbahaya disaluran pencernaan. serta dapat melindungi lapisan mukosa di lambung.

Kunyit juga di percaya dapat menurunkan kolesterol, mencegah penggumpalan darah, melindungi liver dari racun, meningkatkan perlindungan perut dari asma, menurunkan gula darah pada diabetes, bersifat anti HIV, hingga menghambat ploriferasi sel tumor pada usus besar. Mampu mencegah keluarnya asam lambung yang berlebihan dan mengurangi peristaltik usus yang terluka kuat. Akan tetapi perlu diingat, bahwa mengkonsumsi kunyit secara berlebihan juga tidak baik karena dapat menyebabkan sakit perut, gangguan hati dan ginjal.

Ada juga juga jenis kunyit yaitu kunyit putih dipercaya dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dimana kegunaan kunyit putih ini adalah mampu mencegah penyakit kanker.

Fakta ajaib tentang Kunyit

Seseorang yang mengikuti sebuah program diet dengan mengkonsumsi air dan kunyit, ditemukan mampu melawan kanker tiga kali lebih kuat dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi kunyit.

Cara Mengolah Kunyit dengan Benar

Bagian Kunyit yang dapat digunakan sebagai Obat adalah rimpangnya, walaupun bagian daunnyapun dapat digunakan sebagai obat.

kunyit diolah dengan cara direbus bersama air, kemudian dihaluskan diambil sarinya. kemudian ditempelkan pada bagian yang sakit dan masih banyak lagi cara yang lainnya. tergantung dari tujuan penggunaan kunyit.

Dibawah ini adalah beberapa tentang racikan kunyit :

Racikan Obat Kanker Payudara

Bahan :

  1. 50 gr Kunyit putih
    2. 50 gr temu putih
    3. 50 gr keladi tikus
    4. 30 gr Picisan
    5. 800 ml air
    6. Madu secukupnya

Cara Membuat :

  • Cuci bersih semua herba lalu rebus dalam air hingga mendidih dan tersisa 200 ml air.
  • Setelah dingin , saring air dan minum bersama madu.
  • Minum racikan 2 kali sehari.

Racikan Obat Haid Tidak Lancar

Bahan :

  1. 2 rimpang kunyit
    2. 1/2 sdt ketumbar
    3. 1/2 sdt biji pala
    4. 1/2 genggam daun srigading
    5. 1 liter air

Cara Membuat :

  • Cuci bersih semua bahan lalu tumbuk halus.
  • Rebus hasil tumbukan dengan 1 liter air hingga mendidih.
  • Setelah dingin saring dan minum 1 gelas sehari

Simak juga

Demikian sedikit gambaran tentang manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh kita. semoga dapat menambah manfaat dan pengetahuan untuk kita semua.