Manfaat Dan Khasiat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

Manfaat Dan Khasiat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

0
SHARE

KABARTANI.com – Lidah buaya tanaman yang memiliki bahasa ilmiahnya Aloe Vera. Lidah Buaya merupakan tanaman yang terkenal berkhasiat untuk menyuburkan rambut.

Lidah buaya mampu membuat rambut tampak lembab dan mengkilap. selain itu masih banyak lagi khasiat yang lain dari lidah buaya.

Khasiat Kandungan Lidah Buaya

Kandungan gizi dan senyawa aktif yang terkandung didalam lidah buaya sangat komplit sehingga sangat baik dikonsumsi oleh manusia.

Untuk kandungan gizi, lidah buaya mengandung protein, karbohidrat ,mineral , serta beragam vitamin.

Mineral yang dikandungnya dalam jumlah besar adalah kalsium. kalsium berperan untuk kesehatan tulang dan gigi manusia. Selain itu lidah buaya juga mengandung natrium, magnesium, seng, tembaga, mangan dan unsur krom yang jumlahnya tidak terlalu tinggi. Dengan adanya kandungan tadi, keseimbangan elektrolit dalam tubuh dapat terjaga.

Vitamin yang terkandung didalam lidah buaya adalah vitamin B1, B2, B6 , niasin, asam folat, vitamin C, vitamin E, dan provitamin A (betakaroten). Keberadaan Vitamin tersebut sangat membantu metabolisme zat gizi dalam tubuh.

Senyawa aktif yang terkandung di dalam lidah buaya pun sangat beragam dan berperan untuk kesehatan tubuh. Aloin bersifat aktif sebagai Antiseptik dan Antibiotik. Barbalon glikosid dan antrakinon dapat dimanfaatkan sebagai obat pencahar, sedangkan Glukoman dapat dimanfaatkan sebagai obat luka luar.

Daging lidah buaya adalah yang paling banyak digunakan dalam pengobatan karena kandungan senyawa aktif dan nutrisi yang ada didalamnya. Dalam daging lidah buaya mengandung polisakarida yang bersifat antibiotik dan peredam rasa sakit. Protein protease yang terkandung didalam lidah buaya sangat berperan dalam membantu memecahkan jaringan kulit yang sakit akibat kerusakan tertentu dan membantu memecahkan bakteri

Daging lidah buaya juga mampu membantu mengatasi gangguan pencernaan, mengatur keasaman lambung, meningkatkan kinerja lambung, menekan populasi mikroorganisme usus, laksatif, dan mengobati luka di dinding usus. Dengan menjaga sistem pencernaan tubuh, daging lidah buaya juga secara otomatis melancarkan buang air besar dan mencegah wasir.

Fakta Ajaib tentang lidah buaya

Kandungan alomicin dalam daging lidah buaya dipercaya mampu mencegah dan menghambat pertumbuhan kanker (antikanker)

Daging Lidah Buaya yang rasanya dingin juga berkhasiat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menghilangkan keletihan , menghilangkan stres, membantu menstabilkan kolesterol darah, menguatkan sel dan jaringan, memperlambat penuaan dini, meningkatkan metabolisme tubuh, menyembuhkan dan menguatkan fungsi – fungsi tubuh. Lignin yang terkandung didalamnya juga mengandung enzim oksidasi, amilase, katalase, lipase, dan alkaline fosfatase. Enzim – enzim ini membantu menjaga fungsi tubuh.

Cara Mengolah Lidah Buaya

Bagian Lidah Buaya yang bisa dijadikan bahan obat adalah dagingnya yang terdapat di daunnya. Pengolahan lidah buaya saat ini sangat beragam karena daging daunnya yang memang sangat cocok dipadukan dengan bahan lain.

Daging lidah buaya dapat dijadikan gel dalam es buah. dapat dijadikan jus, dapat direbus dengan bahan herbal lainnya. Serta dapat digunakan secara langsung seperti pada perawatan luka, perawatan kulit dan perawatan rambut.

Pada saat ini banyak produk – produk lidah buaya yang dapat digunakan oleh konsumen bagi mereka yang kesulitan mendapatkan lidah buaya segar.

Beberapa Racikan Lidah Buaya

Racikan Obat Leukimia
Bahan :

  1. 150 gr daun lidah buaya segar
  2. 30 gr buah kaca piring (kering)
  3. 30 gr tapak dara (kering)
  4. 15 gr kelembak (kering)
  5. 30 gr danggui ( kering)
  6. 1200 ml air

Cara Membuat :

  • Cuci bersih semua bahan lalu rebus dengan 1200ml air hingga tersisa setengahnya.
  • Setelah dingin , saring dan minum air rebusan 3 kali sehari dengan takaran 200ml air sekali minum

Racikan Obat Luka Bakar
Bahan :

  1. lembar daun lidah buaya segar

Cara Membuat :

  • Cuci Daun Lidah Buaya lalu potong.
  • Gel atau lender yang ada dalam daun lidah buaya dioleskan pada luka bakar berulang – ulang saat lendir atau gel mengering.

Demikian manfaat lidah buaya untuk kesehatan semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua.