Manfaat Dan Khasiat Rosela Untuk Kesehatan

Manfaat Dan Khasiat Rosela Untuk Kesehatan

0
SHARE
KABARTANI.COM-Manfaat Dan Khasiat Rosela Untuk Kesehatan,,Rosela ( Hibiscus sabdarifa ) adalah tanaman Herba yang memiliki tinggi yang dapat mencapai 0,5 – 3 m, dengan batang merah yang bulat, tegak , dan berkayu. Daun Rosela merupakan daun tunggal berbentuk bulat telur dengan pertulangan yang menjari, ujung tumpul, tepi bergerigi, dan pangkal berlekuk. Panjang daun antara 6 – 15 cm, sedangkan lebar daun antara 5 – 8 cm. tangkai daun rosela berwarna hijau dengan panjang antara 4 – 7 cm. Bunga rosela keluar dari ketiak daun dengan 8 – 11 helai kelopak yang berbulu dan berwarna merah. Buah Rosela berbentuk kotak kerucut berwarna merah dan berambut.
Khasiat Kandungan Rosela
Rosela mengandung banyak nutrisi dan juga senyawa aktif , terutama di dalam daun dan bunganya. beberapa diantaranya adalah riboflavin, niasin, protein, kalsium,  magnesium, kalium, besi, asam askorbat, beta carotene, omega 3, asam amino, glucosidehibiscin, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. berikut ini kadar nutrisi dan mineral dalam rosella : Kalori, Air, Protein, Lemak, Karbohidrat, Serat, Abu, Kalsium, Fosfor, Tiamin, Sulfida, Nitrogen.
      
Selain nutrisi diatas, rosela juga kaya akan 18 jenis asam amino dan vitamin A, terutama senyawa arginin yang berperan dalam peremajaan sel tubuh. rosela juga memiliki beberapa efek farma kologis seperti antisepti, antispasmodik ( Penahan kekejangan ), Anti helmintik (anticacing ), serta antibakteri.
Memerangi Penyakit Ringan dan Regeneratif
Semua bagian tanaman rosela memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. biji rosela dapat membantu mengatasi kekurangan darah, kelesuan, dan penyakit kulit.sedangkan daun rosela bermanfaat merawat luka, mengatasi gigitan serangga, dan penyakit kulit.
Kelopak bunga rosela memiliki lebih banyak khasiat karena kandungannya yang kaya. Gossy peptin anthocyanin dan glucoside hibiscin dalam daun berperan memperlancar peredaran darah, meningkatkan kerja usus, serta mencegah hipertensi. Selain itu, bunga rosela juga berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh dalam menghadapi berbagai ancaman penyakit karena adanya kandungan vitamin C.
Bunga rosela juga mengandung gossipetin dan antosianin yang berperan sebagai antioksidan dalam melindungi tubuh dari penyakit degeneratif . Sedangkan kandungan vitamin C dan Betakaroten berperan menurunkan tekanan darah dan kolesterol, detoksifikasi atau menghambat  pertumbuhan sel kanker, mengatasi asam urat, menghaluskan kulit, serta mencegah sembelit. kandungan lain yang tak kalah hebatnya adalah Delphinidin 3 – sambubioside dan cyaniding 3 – sambuioside yang keduanya bersifat sebagai antioksidan dalam mengatasi leukemia atau kanker darah.

Selain Khasiat diatas, rosela juga bermanfaat dalam mencegah stroke, menghancurkan lemak, menghilangkan wasir, mencegah hipertensi, mencegah kanker, kista dan tumor. Rosela juga mampu mengatasi depresi, mengurangi efek alkohol, memperlambat pertumbuhan jamur, serta mencegah munculnya parasit.

FAKTA AJAIB !

Semua bagian rosela memiliki khasiat untuk kesehatan, dari biji, buah, hingga bunganya.Bagian Tanaman tadi bisa digunakan dalam salad, selai, sirup.Bahkan ada juga yang menggunakannya sebagai teman minum kopi.

Cara Mengolah Rosela

Bagian tanaman rosela yang dapat digunakan dalam pengobatan adalah bagian batangnya, daunnya serta kelopaknya. saat ini sudah mulai tersedia sirup rosela untuk mempermudah konsumen dalam menikmati khasiat rosela. Selain itu, kelopak bunga rosela dapat diseduh dan dijadikan minuman.

Berikut beberapa Racikan Rosela

Racikan Obat Kanker
Bahan :
1. 3 – 4 kelopak bunga kering rosela
2. 200 ml air panas
3. 1 sdt gula jawa
Cara Membuat :
1. Cuci Bersih  kelopak bunga rosela lalu seduh dalam air panas selama kurang lebih 5 menit.
2 . Tambahkan gula jawa lalu campur rata
3. Minum 2 – 3 gelas per hariRacikan  Obat Pencegah Kanker
Bahan :
1. 3 – 4 kelopak bunga rosela ( kering )
2. 1 sdt gula jawa
3. 200 ml air panas

Cara membuat  :
1. Seduh kelopak bunga kering dalam air panas selama kurang lebih 5 menit
2. Minum 2 – 3 gelas perhari.Demikian gambaran tentang tanaman Herba Rosela semoga dapat menambah pengetahuan dan manfaat untuk kita semua.